Menu

Selasa, 16 Agustus 2011

Nilai Historis Ramadhan

Menjelang hari ke 17 Ramadhan yang bertepatan dengan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 66, membuat saya tersadar bahwa event tersebut merupakan satu-satunya event historis yang terjadi di bulan Ramadhan. Setelah membaca Buku Pintar Puasa for Muslimah, akhirnya dapet info yang lebih lengkap tentang nilai historis dan peristiwa lainnya yg terjadi di bulan Ramadhan ini. Penasaran kan ya? Let's check this out... 

1.Turunnya kitab suci kepada para Nabi dan Rasul
   Selain kitab suci Al-quran yang turun di bulan ini, ternyata kitab suci yang lainnya juga diturunkan di bulan Ramadhan. Misalnya, shuhuf Nabi Ibrahim yang turun pada malam pertama Ramadhan, lalu kitab Zabur kepada Nabi Daud pada malam ke 12, Tauratnya Nabi Musa pada malam ke 6 dan kitab Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa pada malam ke 13. 

2. Perang Badar
    Pertempuran besar pertama yang dilakukan umat Muslim pada 17 Ramadhan 2 H (17 Maret 624 M) ini berhasil membawa kemenangan bagi kaum Muslimin. Meskipun jumlahnya ga sebanding antara 313 pasukan Muslim yang melawan sekitar 1000 orang kaum kafir. Perang ini juga diabadikan dalam Al-Quran surat Ali Imran 123 -125.

"Sungguh Allah telah menolong kamu dalam Peperangan Badar, padahal kamu adalah (ketika itu) orang-orang yang lemah. Karena itu bertawakallah kepada Allah, supaya kamu mensyukuri-Nya. (Ingatlah), ketika kamu mengatakan kepada orang Mukmin, "Apakah tidak cukup bagi kamu Allah membantu kamu dengan tiga ribu malaikat yang diturunkan (dari langit)?" Ya (cukup), jika kamu bersabar dan bertakwa dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu malaikat yang memakai tanda. " 
  

3. Lailatul Qadar
    Merupakan malam yang kemuliaannnya lebih dari 1000 bulan. Waktunya masih misteri yang rentang waktunya pada malam ganjil di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Barang siapa yang berhasil mendapatkan Lailatul Qadar berarti dia telah mendapatkan pahala selama 1000 bulan. Luar biasa bukan? Kenapa? Soalnya usia kita hidup di dunia ini belum tentu mencapai angka segitu yang klo dikonversiin sebanding sama 83 tahun 4 bulan. Jadi, kita harus bisa memanfaatkan detik-detik kita di bulan Ramadhan agar dapat meraih kemuliaan tersebut.. Semangat.. ^^

4. Pelaksanaan Puasa
    Klo nilai historis ini, pastinya temen2 udah pada tau semua kan ya. Diantara bulan hijriyah yang lainnya, Allah swt sengaja memilih bulan Ramadhan untuk dilaksanakannya rukun Islam yang ketiga. Full month pula. Ditambah lagi banyak banget keistimewaan yang kita terima di bulan ini. Jadi ga salah klo Rasulullah saw juga pernah bilang klo Ramadhan itu bulannya umat Muslim..

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas umat-umat sebelum kamu, agar kamu bertakwa." (QS. Al-Baqarah : 143)

5. Pemindahan kiblat dari baitul Maqdis ke Masjidil Haram
    Pemindahan kiblat pun terjadi di bulan Ramadhan. Prosesnya sendiri merupakan perintah dari Allah swt yang tercantum dalam QS. Al-Baqarah ayat 2 :

"Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan."

 6. Kemerdekaan Indonesia
     Ga hanya bagi kaum Muslimin pada umumnya, ternyata bulan Ramadhan juga merupakan bulan yang sangat historis bagi rakyat Indonesia.Kenapa? Karena proklamator kita telah menyatakan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 yang bertepatan dengan tanggal 9 Ramadhan. Momen Ramadhan juga secara ga langsung mengajarkan kita tentang makna perjuangan. Bukan hanya perjuangan melawan ha nafsu dalam diri kita sendiri tetapi juga wujud perjuangan bangsa ini dalam meraih kemerdekaannya 66 tahun silam. Tahun ini juga menjadi momen penting karena jarang-jarang perayaan kemerdekaan Indonesia bertepatan dengan bulan Ramadhan.

Sekian nilai historis yang bisa disharing-in di postingan kali ini. Semoga dengan mengetahui momen-momen tsb,dapat menjadikan Ramadhan sebagai momen intropeksi diri terhadap perjuangan yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita..

Semangat Ramadhan.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar