Menu

Senin, 05 September 2011

Catatan Akhir Screening - 10 Hal tentang Screening Himakaps

Lambang Himpunan Mahasiswa Keuangan Perbankan dan Keuangan Syariah Polban
Setiap inget tanggal 5 September, di samping inget klo tanggal itu 2 orang teman dekat saya ada yang sedang bertambah umurnya, saya tetep ga bisa ngelupain momen lain di tanggal itu. Tulisan repost ini  bakal ngebahas sebuah momen tak terlupakan yg terjadi di malam minggu awal bulan September di bilangan sarijadi. Momen ini merupakan momen penting bagi regenerasi HIMAKAPS. Karena ini pertama kalinya dan mungkin cuma sekali dlm hidup saya, maka sayang jika tidak diabadikan lewat tulisan dan membaginya kepada temen2 smua.

Momen itu adalah Screening Calon Ketua MPH dan Ketua Himpunan periode 2009 – 2010 yang terlaksana pada tanggal 5 – 6 September 2009 dari bada tarawih sampe waktu sahur (21.00 – 03.30). Peserta screening ini terdiri dari 5 kandidat, 3 cakaMPH (Sarah, Usay, Eja), dan 2 Cakahim (Aul dan Defri). Di balik proses pencalonan dan screening tsb terdapat beberapa fakta dan hal-hal yang menarik yang ingin dibagikan. Berikut datanya:

Behind The Screening :
1. Para calon ketua (yang selanjutnya disebut caka) sempet belajar bareng untuk menghadapi screening, bahkan sempet bikin kisi-kisi screening supaya lebih siap menghadapinya. (bahkan persiapannya lbh maksimal daripada UAS sepertinya. >.<
2. Berbeda dgn caka di periode sebelumnya, caka 2009 – 2010 diharuskan memenuhi persyaratan administrasi (surat ket.sehat, surat ket ga dapet SP, transkip nilai, CV, fotokopi KTM, essay dan foto).
3. Proses screening cakaMPH dan cakahim berlangsung pada hari yang sama.
4. Screening dilakukan di luar kampus, biasanya di Student Center.
5. Beberapa caka sempat melakukan survey tempat screening sebelum hari-H.
6. Tidak ada balon (bakal calon) kahim karena jumlah cakahim yang hanya 2 orang. (Jadi ga ada yg gugur tuk dipilih langsung oleh anggota himpunan)
7. Waktu menunggu screening, para caka pada ‘ngopi’, ngemil, baca-baca catetan, nenangin diri, shalat tarawih, ngobrol - ngobrol dan tidur. ^^
8. Waktu screening tiap kandidat sekitar 1,5 jam
9. Pertama kalinya para caka bertemu dengan Founding Father HIMAKAPS (Sakti Hadiwijaya) yang turut hadir dalam screening ini
10. Ketiga cakaMPH tidak memilih dirinya sendiri sebagai orang yang paling pantas untuk menjadi Ketua MPH periode selanjutnya.

Me on The Screening :
1. Satu-satunya kandidat wanita dan satu-satunya dari Keuangan Syariah yang mengikuti screening ini.
2. Peserta pertama yang discreening.
3. Satu-satunya caka yang harus menyanyikan lagu Totalitas Perjuangan sebagai konsekuensi melakukan kesalahan saat screening.
4. Melakukan 25 kesalahan (yang tertulis dan diumumkan) sehingga harus melakukan 2 kali orasi dan 2 kali menyanyikan lagu Totalitas Perjuangan
5. Satu – satunya caka yang disuruh menggambarkan struktur kepengurusan saat terpilih nanti
6. Harus menahan senyum,ketawa, kekecewaan dan amarah sekuat tenaga sewaktu screening berlangsung. ^^
7. Hal pertama yang ditanyakan setelah keluar dari tempat screening adalah “mana sepatu sarah ya?” [ga nyambung banget kan?!]
8. Langsung meneteskan air mata di tengah – tengah pelukan dan semangat dari sahabat-sahabat dan teman-temannya setelah melewati proses screening. Perasaannya bener-bener campur aduk, antara lega, bangga, terharu, kesel, kecewa,dsb.
9. Mendapatkan perolehan nilai screening sebesar 30,8%
10. Pertama kalinya memimpin teriakan bankers dan hidup mahasiswa di hadapan anggota himpunan yang terdiri dari berbagai angkatan (2006 – 2009)

Quotes on Screening (maaf sebelumnya klo ada redaksional yang berubah, mudah2an intinya tetep sama):
1. “Kamu adalah apa yang kamu pikirkan. Screening ini sebagai ajang promosi kamu untuk meyakinkan kita smua supaya milih kamu.” (Muhammad Gun Fakhriyadi)
2. ”Saya bisa mendiamkan forum hanya dengan begitu saja, kenapa kamu ga bisa?” (Candra Gunawan)
3. ”Apa kamu ngerasa terlalu rendah diri dan tidak percaya diri sehingga kamu lebih mengunggulkan orang lain?” (Dwiki Septianto)
4. ”Saya kecewa sama kamu. Kamu kan anak MPH, seharusnya kamu bisa menjelaskannya berdasarkan dalil yang ada.” (Dion Mahatma Shiva)
5. ”Kamu pemimpin, sarah...” (ST. Nurlaela Fatimah)
6. ”Sebenernya diri kamu itu seperti apa?” (Maryam)
7. ”Kamu bilang klo kamu itu pemalu. Klo pemimpin kayak gini, gimana caranya supaya kamu bisa berhubungan dengan orang-orang?” (Amri Ammarulhayat)
8. ”Kamu bilang klo MPH itu ngurusin hukum, masa ditanya AD ART aja kamu ga hafal?” (Hilman Nurul Yamani)
9. ”Apa kamu siap mundur klo ternyata kepengurusan kamu tidak lebih baik dari kepengurusan MPH sebelumnya?” (Suhaimi Rousanal Fikri)
10. ”Konsekuensinya kamu harus berorasi sambil push-up dengan menggunakan kacamata dari ketua departemen kaderisasi.” (Dwiki Septianto)

thanks a lot for :
the candidates (cakaMPH dan cakahim 2009 – 2010). MPH 2009. PKS (Penghuni Keuangan Syariah) 2-B. Tim KPPK. Tim Formatur Screening. Kepengurusan HIMAKAPS periode 2009. keluarga besar anggota aktif HIMAKAPS angkatan 2008. seluruh anggota himpunan dan calon anggota HIMAKAPS dari angkatan 2005 – 2009 yang hadir di acara ini. dan sahabat saya yang udah ngedukung saya dari awal sampai akhir kepengurusan..:)

Terima kasih banyak buat doa dan dukungannya.
Smoga Allah senantiasa membalas kebaikan semuanya selama ini.
^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar