Menu

Kamis, 28 Maret 2013

Detective Conan Super Digest Book


Bicara tentang Detective Conan emang ga ada matinya, terutama bagi para penggemar komik misteri detektif yang tetap setia menunggu kisah lanjutannya yang belum sampai titik akhir. Saya pribadi mulai mengenal kisah Shinichi Kudo yang mengecil karena racun sejak kelas 4 SD. Masih teringat jelas dalam ingatan saya, ketika itu saya dibuat penasaran dengan ulah mayoritas temen2 sekelas saya yang tetep betah duduk manis di kelas padahal waktu istirahat telah datang. Seperti yang kita tau, waktu istirahat buat bocah-bocah SD itu ibarat sebuah hadiah bagi dunia sekolah anak-anak yang fitrahnya senang bermain, tapi ternyata ada satu hal yang membius mereka semua sehingga waktu istirahat pun mereka hiraukan. Apalagi klo bukan hadirnya komik Detective Conan di tangan mereka semua. Seketika itu juga, saya ga mau ketinggalan sama temen-temen saya tadi :p

Hampir 20 tahun kemudian, ketika saya sudah lulus kuliah tingkat sarjana, ternyata Aoyama Gosho masih terus membuat para pembacanya penasaran dengan 72 jilid komik yang berhasil diterbitkan di Indonesia ketika tulisan ini dibuat. Suatu hal yang bener-bener menakjubkan bagi saya pribadi. Saya juga termasuk penggemar yang masih setia bertahan ketika sebagian teman sepermainan saya sejak kecil mulai perlahan tapi pasti melupakan Conan. Itu artinya ada sekitar 7 season  (1 season = 10 jilid komik) dari kisah Conan yang telah beredar selama 20 tahun terakhir (pertama kali terbit tahun 1994 di Jepang) dengan jumlah tokoh pendukung dan kisah misteri yang semakin complicated. 

Baru-baru ini, saya menamatkan edisi special super digest book dari serial Detektif Conan yang menjadi sebuah hiburan bagi para fansnya yang ingin mereview dan membaca kilas balik perjalanan Conan sejak episode pertama sampai episode terakhir. Edisi Super Digest ini sebenarnya telah diterbitkan di negara aslinya sejak 2003, tapi baru beredar di Indonesia than 2010. Di Indonesia sendiri baru ada 4 jilid yang masing-masing jilidnya membahas review episode dan perjalanan masing-masing karakter pendukung dalam setiap 10 jilid (1 buku ngebahas 10 jilid). Dalam komik ini terdapat review secara keseluruh dan pengenalan tokoh serta hubungannya dalam satu gambar (kayak mapping gitu). Yang menarik dalam tiap jilidnya ada 5 tema besar yang akan dibahas sesuai dengan perkembangan cerita dan penambahan tokoh-tokoh setiap sessionnya. Tiap tema ini juga ditampilin dialog2 khas dan narasi dari penulis. Jadi hal-hal kecil yang kadang ga kita perhatiin ditampilin disini. Juga bagian yang paling saya suka adalah adanya timeline per episode dan per judul buku sesuai dengan alur tema masing2. Contohnya kalau kita pengen tau perkembangan detektif cilik atau kasus organisasi hitam, kita tinggal ngeliatnya ke tabel tadi. 


Konsep penulisannya seperti template pada berita di koran atau majalah gitu, jadi bikin kita semakin menarik buat ngebacanya. Setiap gambar yang ditampilkan ada keterangan dari tim penulisnya sehingga banyak info-info menarik bagi para penggemar Conan. Setiap jilidnya terdiri dari beberapa tema besar seperti berikut ini :
1.      Data (Review kasus-kasus yang terjadi setiap episodenya)
 Di bagian ini dijelaskan secara ringkas kasus yang terjadi. Bukan hanya dalam bentuk narasi, tapi juga ditampilkan wajah tokoh-tokoh pendukung dan para pemain yang tampil di setiap episodenya. Selain itu, juga ada halaman link yang menghubungkan kasus tersebut pada tema besar lainnya. Misalnya kasus kembalinya Shinichi Kudo di drama SMU Teitan sebagai Ksatria Jubah Hitam. Maka di cerita kasus ini ada pelengkap di bagian percintaan, drama atau misteri dari masing-masing tokoh. Yang menarik, setiap pelaku tidak akan disebutkan dibagian review ini jadi kita masih bisa menebak-nebak pelaku di setiap episodenya. 

2.      Drama
Yang bikin kita semakin penasaran dengan kelanjutan cerita detective conan, selain dari misteri di setiap kasusnya juga cerita drama yg ada di baliknya. Di buku ini akan dibahas tuntas mengenai hubungan masing-masing tokoh yg terjadi. Dalam sesi ini ada beberapa sub tema yaitu : Misteri Rumah di Blok 2 yg menceritakan review kondisi keluarga Kudo yang muncul dalam setiap episode yang ditampilkan; Kejar Organisasi Hitam yang menggambarkan perkembangan Conan Edogawa dalam menyelidiki organisasi hitam; Hari-Hari di Kantor Detektif Mouri yang melaporkan penyebab dan perkembangan detektif tidur dalam memecahkan kasus; Para pemberani dari SD Teitan yang menceritakan kasus-kasus yang telah mereka alami bersama; Kerabat Naniwa yang Baik Hati yang menjelaskan hubungan antara kedekatan Heiji dan Conan serta keluarga Mouri; dan yang tidak kalah serunya cerita seru para polisi pada bagian “Markas Besar Kepolisian Metropolitan” yang menggambarkan kehebohan yang terjadi di seputar kepolisian yang menjadi bumbu tambahan di cerita ini.

Cover Super Digest Book (gaya conan dari kiri kanan : ala Suichi Akai, Heiji Hattori, Kaito Kid, Conan Edogawa)

3.      Cinta
Apapun jenis genrenya, kisah cinta memang menjadi hal yang selalu ada dan menarik untuk diperbincangkan, tak terkecuali dgn kisah detektif cilik yang penuh ketegangan dan misteri ini. Di sini akan dikupas tuntas tentang perkembangan cinta beberapa tokoh utama dan pendukung yang dibahas dalam beberapa sub tema : “Detektif Cilik dan Gadis Karate” yang menggambarkan maju mundurnya perasaan Ran yang semakin mengkhawatirkan Shinichi dan menyadari kemiripan Conan dgn Shinichi; “Keseimbangan antara persahabatan dan cinta” antara kelima anggota detektif cilik dengan dunia SD-nya yang tidak biasa; “Ternyata Memang Suka” yang menceritakan perasaan Kazuha dan Heiji sebagai partner sejak kecil; kisah pasangan Kudo dan Mouri pun dibahas secara menarik di buku ini dalam tema “Cinta orang dewasa itu berdeviasi”; juga “Kisah-kisah di markas besar kepolisian” yang menceritakan persaingan para polisi dalam merebut perhatian Miwako Sato; dan sebagai penutup ditampilkan pula perjalanan cinta Sonoko Suzuki dalam menjemput cinta sejatinya

4.      Misteri
Berbeda dengan ketiga tema sebelumnya yang lebih sistematis,,maksudnya selalu menampilkan perkembangan secara teratur sesuai dengan cerita di masing-masing babak episode Conan, di bagian ini ada beberapa artikel dan pembahasan pilihan sesuai episode di setiap 10 jilid yang dibahas. Contohnya artikel mengenai psikologi pelaku, cara mengetahui trik yang dipakai pelaku, artikel tentang profil dan jenjang kepolisian; masterpiece Kid si Pencuri, dan lain sebagainya. 

5.      Fun
Di bagian ini akan ditampilkan wawancara eksklusif dengan pencipta Conan itu sendiri yaitu Aoyama Gosho yang bikin kita semakin tau latar belakang sang penulis sehingga menghasilkan tokoh2 secerdas Conan, beberapa tampilan karya dari para penggemar yang terkadang dihiasi dengan dugaan penggemar tentang kelanjutan cerita Conan dan games menarik bagi para pembaca. Semuanya ditampilkan dengan edisi yang unik dan berbeda dari biasanya.
Demikian garis besar isi dari Super Digest Book Detective Conan ini. Gimana? makin penasaran kan ya.hehe. Buku ini sangat direkomendasikan bagi para fans setia Conan. Efek sampingnya adalah kita jadi pengen ngebaca ulang setiap jilid yang menarik bagi kita biar lebih paham tentang alur cerita yang sebenernya terjadi dari kacamata penulisnya (bukan sekedar pembacanya lagi). Selamat penasaran..hehe :p

nb : Info lengkap tentang detective conan versi dunia mayanya bisa diliat di sini 

1 komentar:

  1. klo munculnya kid ada ga?seberapa bnyk porsinya?
    klo sya mau baca komikanya biasanya tinggal buka komikid.com, hmat blanja bku..he

    BalasHapus