Menu

Rabu, 22 Agustus 2012

Seleksi MODP Angkatan 23-24

Beberapa bulan lalu, saya mengikuti seleksi Muamalat Officer Development Program (MODP) angkatan 25-26. Sebenernya sih awalnya emang cuma coba2 aja karena persyaratannnya cukup ringan ketika itu, cuma ngirimin CV dan pas foto kita. Dibandingin sama perekrutan MODP Tahun 2011, kualifikasi yang diharapkannya pun lebih ringan. Karena pengalaman tersebut merupakan pengalaman berharga bagi saya pribadi, maka saya sengaja untuk mengabadikannya di sini. 

MODP merupakan suatu program pengembangan diri bagi para calon bankers yang berminat untuk melanjutkan karirnya di Bank Muamalat. Program ini akan menghasilkan profesional yang dapat mencapai posisi fast track pada peningkatan karir di Bank Muamalat itu sendiri. Jadi kalau udah lulus, kita bisa naikkin karir kita lebih cepet dibandingin sama orang-orang yang ga ikutan MODP. Misalnya biasa untuk mencapai posisi karir tertentu butuh waktu 3 tahun, maka untuk mereka yang telah mengikuti MODP bisa mencapai posisi yg sama hanya dalam waktu 1 tahun. Tentunya selama kita memiliki kualifikasi dan kinerja yang sesuai ya :)

Nah, proses untuk bisa lulus tersebut cukup panjang. Berikut akan saya sharing-in proses perekrutannya :

1. Seleksi Administratif (Akhir Maret 2012)
    Ternyata ga semua pelamar yg nge-apply ke MODP ini bisa lanjut ke tahap selanjutnya karena ada proses seleksi administratif sesuai kualifikasi yang diharapkan oleh tim HRD Muamalat. Biar bisa lolos, pastiin semua dokumen yang kita kirimin sesuai dgn persyaratan yg udah ditentuin. Trus klo bisa bikin CV yang menarik juga karena biasanya CV itu menjadi poin pembeda kita dibandingin sama pelamar yang lain.


2. Tes Pengetahuan Agama dan Perbankan Syariah (11 April 2012)
    Setelah lolos tahap pertama, kita bakal dapet undangan via email dan sms untuk yang berisi jadwal seleksi tertulis sesuai dengan domisili kita. Karena domisili saya di Bandung dan memilih ITB, saya dapet jadwalnya di ITB. Waktu itu untuk kota Bandung, kita dapet 2 pilihan buat ikut ujiannya, ITB atau Unpad. Di sini sebelum tes, ada pengenalan program MODP dari tim HRDnya. Mereka menjelaskan tentang proses seleksi, MOPD itu sendiri dan prospek kerjanya gimana. Lulusan MODP ini nantinya akan menjadi tim marketing Muamalat. Lalu ada kontrak 5 tahun untuk mengabdi di Bank Muamalat. Karena biaya yang dikeluarkan untuk program ini tidak sedikit, sehingga ada penalty yang harus dibayar jika kita tidak sanggup 5 tahun bekerja disana. Biaya penaltynya bisa mencapai 100juta. Jadi harus bener2 dipertimbangin dan komitmen terhadap kontrak tersebut.

       Untuk tes tertulisnya sendiri berupa pilihan ganda. Soalnya sekitar 50 soal dan waktunya hanya 45 menit klo ga salah. Seinget saya sih emang cuma bentar waktunya jadi kita harus bisa ngerjainnya secara cepat dan tepat. Soalnya tentang pengetahuan dasar Agama Islam seperti rukum iman, rukun Islam, nama malaikat, sejarah Nabi Muhammad, dsb. Jadi perlu direview lagi ilmu qta ttg hal tsb. Sementara untuk soal perbankan syariahnya sendiri lebih banyak tentang aplikasi akad pada produk Bank Syariah dan konsep bank syariah itu sendiri. Buat temen2 yg backgroundnya bukan di Ekonomi atau Keuangan Syariah, baiknya belajar dulu lewat Mr.Google biar ga ngeblank bgt waktu ngerjainnya.


3. Wawancara HRD (11 April 2012)
    Masih di hari yang sama, setelah beres ikut tes tertulis, 1-2 jam setelahnya kita dapet kabar tentang kelulusan kita ke tahap selanjutnya. Perlu diketahui juga, klo sistem seleksi MODP itu berupa sistem gugur dan rata2 jumlah orang ke tahap selanjutnya itu berkurang 50% dari jumlah peserta di seleksi sebelumnya. Jadi klo peserta tes tertulis ada 100 orang, yg diinterview cuma 50 org. Yang saya liat, pola ini berlanjut sampe ke tahap terakhir nanti.

     Wawancaranya head to head sama seorang HRD Muamalat. Awalnya dibuka dengan pengenalan diri kita pake bahasa Inggris,,setelahnya pake Bahasa Indonesia aja juga bisa. Di sini lebih banyak dibahas tentang pengalaman hidup kita Buat yang fresh graduate ditanya pengalaman organisasinya sementara buat yang udah pernah kerja biasanya disuruh nyeritain tentang pengalaman kerjanya. Kita juga ditanya tentang kesiapan kita untuk ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia jika sudah lulus nanti. Saran saya, jadilah yang terbaik n tetep jadi diri sendiri. Jadi klo pengalamannya emang cuma beberapa, ungkapin aja. Kebetulan waktu itu juga saya masih dalam proses kuliah alias belum lulus, jadi saya ceritain juga dan pihak sananya juga nanya tentang kepastian lulus kuliahnya kapan, apakah akan mengganggu proses seleksi atau nggak dan segimana kesiapan kita untuk ngikutin proses selanjutnya, Kita juga dikasih kesempatan untuk bertanya apapun yang bikin kita penasaran. Suasananya juga nyantai banget kok. Jadi ga perlu terlalu khawatir buat ngejalanin interviewnya ya :)

4. Psikotest (18 April 2012)
    Seminggu kemudian, peserta yg lolos akan menjalani psikotest bertempat di Lembaga Manajemen UI Salemba. Jumlahnya berkurang setengahnya dari tahap sebelumnya. Di sini soal2 psikotesnya sama seperti psikotes masuk dunia kerja pada perusahaan lainnya. Ada TPA, Draw A Man, dan MAPP tes yang ngegambarin sejauh mana minat dan profesionalitas kita di dunia kerja. Tes terakhir ini berupa kuesioner yang ngegambarin sikap kita pada kasus2 yang terjadi di dunia kerja. Tips buat ngerjainnya sebisa mungkin kita konsisten terhadap jawaban2 kita karena ada beberapa soal yang berulang yang intinya sama meskipun redaksinya berbeda, jadi harus ati2 ngejawabnya. Oia,di awal tes, kita juga mengisi form riwayat hidup yang akan menjadi acuan para psikolog untuk ngenilai kita.
5. Wawancara Psikolog (18 April 2012)
     Tahapan ini juga dilakukan di hari yang sama. Sore harinya,para peserta yg lolos akan diwawancara secara mendalam dgn para psikolog. Durasinya lumayan lama, sekitar 1 jam. Di sini kita akan ditanya tentang banyak hal seputar diri kita. Dari internal dan motivasi kita sampai ke hubungan kita dengan keluarga dan orang-orang yang ada di sekitar kita, terutama yang udah berinteraksi dgn kita selama kuliah atau di lingkungan kerja sebelumnya. Banyak pertanyaan yang tak terduga sebenernya, atau mungkin karena itu merupakan pengalaman pertama saya jadi saya juga ngerasa kaget sendiri dengan pertanyaan2 dari psikolog itu. Di sini mental kita juga diuji. Soalnya para psikolog akan memasang wajah datar, kaku, dan terkadang meremehkan ketika mendengar jawaban2 kita. Kita juga harus menjawab dengan penuh keyakinan dan bersikap serileks mungkin. Saran saya berusahalah untuk jadi diri sendiri,,jangan coba2 untuk bicara ga jujur juga ya..Psikolog tau kepribadian kita lewat tiap gerakan n cara ngejawab kita soalnya..hehe

6. Tes Toefl (28 April 2012)
    10 hari kemudian, tes TOEFL pun diselenggarakan. Jumlah pesertanya semakin sedikit aja. Saya kehilangan temen2 saya disini :( Meskipun begitu show must go on karena pada dasarnya ini semua merupakan kompetisi yang sportif..Untuk menguji kemampuan bahasa Inggris calon pegawainya, Bank Muamalat bekerja sama dengan Lembaga Bahasa Asing LIA. Tempatnya di Bandung. Tesnya pun sama seperti tes EPT lainnya yang terdiri dari listening, structure and reading. Harusnya sih ada writing and speaking juga. Alhamdulillahnya di Bandung cuma 3 poin itu aja,jadi tesnya cuma 2 jam, ga kayak 4 tahapan sebelumnya yang harus ngabisin waktu seharian. Klo di LIA cabang lain kabarnya ada speakingnya juga jadi ada interview gitu. So,buat temen2 yang di luar Bandung, siap2 aja ya :)

7. Wawancara Manajer Area (24 Mei 2012)
     Jarak untuk sampai ke tahapan ini emang agak panjang, sekitar sebulan karena memang cukup sulit mengatur jadwal interview dengan area manager. Disini peserta yang berhasil lolos akan diundang secara bergiliran. Setiap orang udah dijadwalin waktu dan harinya. Jadi kita bener2 personal banget n ga dikumpulin sama peserta lainnya kayak di tahapan sebelumnya. Tempatnya di Bank Muamalat Dago, disini kita diwawancarin sama Manajer Area Jawa Barat. Secara umum, interviewnya lebih banyak nyeritain pengalaman kita masing-masing, terutama yang terkait dengan organisasi dan lingkungan kerja. Masih lebih berat interview dengan psikolog menurut saya karena pertanyaannya sendiri emang ga sedetail itu. Karena goal dari MODP sendiri itu adalah menjadi tim marketing dulu, maka ditanya pula pengalaman kita seputar marketing atau jualan suatu produk. Disini kita juga akan dites mental sama interviewnya terutama terkait dengan kesiapan kita untuk ditempatin di mana aja.

8. Medical Check Up (18 Juni 2012)
    Medical Check Up kali ini bekerja sama dengan Laboratorium Prodia tempatnya di Buah Batu Bandung. Informasi tentang pengumuman Medcheck ini cukup mendadak, sekitar H-3 jadi kita juga harus udah ngejaga kesehatan dari sekarang soalnya kesehatan kita beberapa hari terakhir cukup menentukan penilaian kita di medcheck ini. Di sini ada beberapa tahapan yang akan kita ikuti, diantaranya tes urin, tes darah, tes rontgen dan tes kesehatan fisik. Persiapannya harus puasa dulu sebelum medcheck, sekitar 9-12 jam sebelumnya. Jadi jangan sarapan dulu ya. Terus usahain jangan suka tidur larut malam alias begadang. Soalnya pada malam hari ada proses detoksifikasi racun tubuh yang bisa menyehatkan tubuh kita.


9. Wawancara Direksi
    Tahapan terakhir adalah wawancara direksi di Jakarta. Sayangnya perjuangan saya berakhir di medcheck. Hasil dari lab yang disampaikan oleh tim HRD-nya sendiri mengatakan bahwa saya termasuk 3 diantara 15 peserta yang dinyatakan tidak sehat. Setelah diselidiki memang ada beberapa gangguan kesehatan yang saya pribadi baru mengetahuinya ketika itu. Untuk tahapan ini katanya ada interview dengan Jajaran Direksi. Sistemnya saya kurang terlalu paham. Yang pasti jika lolos, selanjutnya akan ada tanda tangan kontrak sebelum memulai MODP. Kita juga diberi pilihan untuk tanggal MODP yang bisa diikuti. Peserta dari Bandung yang sampai ke tahap MODP ada 9 orang. Mereka akan ikut 2 angkatan yaitu MODP 25 dan MODP 26. Sementara untuk MODP 23 dan MODP 24 kabarnya diisi oleh peserta yang lulus dari daerah Jakarta dan Yogya. Sekedar info juga, untuk MODP sendiri pesertanya berasal dari eksternal Muamalat dan internal Muamalat (yang udah jadi pegawai).

Demikin info seputar tahapan MODP..Semoga bermanfaat ya :)
oia, untuk info lebih lengkapnya temen2 bisa memantaunya di kaskus. Di sini ada forum tentang pengalaman MODP dari masing2 kota. Selamat berjuang.. :D

12 komentar:

  1. Pokoknya jangan menyerah, sarah. Masih ada kesempatan di lain waktu. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,semua indah pada waktunya ya.makasih eja.hehe

      Hapus
  2. iya jangan menyerah, dulu saya tdk lolos MODP 23-24 dan akhirnya saya coba lagi MODP 27-30...

    BalasHapus
  3. Aslmkm, boleh tw ndak, interview ama ARMnya pke b.inggris kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam.
      tergantung ARM-nya juga sepertinya.dulu waktu saya diinterview bahasa Inggrisnya cuma pas sesi 'introduction about myself' aja..
      Semangat ya :)

      Hapus
  4. Kebetulan Besok Saya Mau Tes Di Bank Muamalat. Terimakasih Banget.,. Melalui Artikel Ini saya mendapat sedikit gambaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah klo bermanfaat..smoga dimudahkan & dpt hasil yg terbaik ya :)

      Hapus
  5. pengumuman tes kesehatan berapa hari ya kak? soalnya udah lebih 14 hari belum ada kabar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,emang cukup lama pengumumannya dari medcheck sampe ke interview direksi..klo waktu itu durasinya sekitar sebulan..jadi emg harap2 cemasnya lbh lama..hehe..
      semoga dilancarin sampe tahap akhir ya :)

      Hapus
    2. tapi saya modp spsialis funding kak, bilangnya mcu itu tes terakhir lalu ol..., saya sudah pasrah aja kak kan pengumuman 14 hari, ini sudah melebihi waktu...hehe

      Hapus
  6. proses tes interviewnya gimana ya? denger2 ad tes ngajinya juga. apa benar begitu?

    BalasHapus