Menu

Kamis, 02 Agustus 2012

Metamorfosis Tugas Akhirku

Bicara tentang tugas akhir,,mengingatkanku tentang kekhawatiran saya ketika memilih jurusan semasa putih abu dulu. Ketika itu, saya mendatangi Open House ITB untuk mencari tau tentang jurusan2 disana. Datanglah saya ke salah satu jurusan di sana untuk menayakan materi apa yang dipelajari saat kuliah dan prospeknya di masa depan. Entah dapet info dari mana, saya waktu itu takut banget sama yang namanya bikin skripsi. Karena itu, dengan polosnya saya bertanya ke kakak2 di stand itu dengan pertanyaan yang jarang bgt dikeluarin sama anak SMA yg belum juga lulus kayak saya (waktu itu saya masih kelas 2).

Saya         :  "Kak, klo di jurusan ini, ntar bikin skripsinya bisa tentang apa aja?"
Kakak itu  : (ketawa dulu) "Ya ampun,de..belum masuk juga udah nanyain tentang skripsi? kita juga belum pernah bikinnya.."

Hmm,,konyol banget ya klo diinget2 lagi..hehe..Ternyata,bikin skripsi a.k.a tugas akhir itu emang ga seserem yang kita khawatirin di awal kok. Kalau udah ngejalaninnya ada perasaan bangga dan kagum karena kita sendiri telah berhasil melewatinya..Maka dari itu,,saya ingin merekam jejak perjalanan saya selama menyusun Tugas Akhir ini..Let's check this out..

September 2011
Akhir september lalu, pengumuman dosen pembimbing untuk mahasiswa Keuangan Syariah 2008 telah disiapkan. Alhamdulillah dapet pembimbing yang tak terduga. Beliau itu Bapak Edman Syarief, dosen yang sangat humble dan ramah ke mahasiswanya ini bikin saya pun nyaman untuk sharing dan mengerjakan TA dibimbing beliau. Bahkan banyak yg bimbingan informal sama beliau meskipun bukan anak bimbingannya. Saking istimewanya, sahabat saya pun bilang "How lucky you are,sis.." :)

Oktober 2011
Tema tugas akhir pun sudah ditentukan, karena temanya terlalu luas jadi setiap dari kita (ada 3 orang yang dibimbing beliau) disuruh untuk menyusun Essay rencana tugas akhir biar semua yang pengen direncanain ditulis dengan rapi..
November 2011- Awal Januari 2012
Masa-masa penyusunan proposal tugas akhir..Proposal kali ini emang agak beda dari biasanya. Berhubung target lulus tepat waktu sangat ingin diwujudkan oleh pihak jurusan jadi agak ketat tuntutannya. Kita harus bikin bab 1-bab 3 untuk diseminarin di akhir Januari nanti..

Jumat, 27 Januari 2012
Seminar Proposal TA pun tiba juga..Sistemnya terbuka untuk seluruh mahasiswa Keuangan Syariah Polban yang masih aktif. Jadi ada beberapa adik kelas yang juga pada nonton..Keuntungan seminar terbuka, jadi bisa nonton temen2 n ada gambaran pertanyaan dari para penguji :) 

Proposal TA yang siap dikumpulin

Proposal + printer yang setia membantu penyusunan TA :)

Menanti penguji Seminar Proposal TA
Jumat, 10 Februari 2012
Pengumpulan revisi proposal TA yang telah diseminar-in. Bertepatan dengan umur saya yang udah kayak bioskop alias 21 tahun :) Jadinya ada suatu kenangan tersendiri gara2 pengumpulannya tanggal segitu.hehe. Untuk ngumpulinnya juga penuh perjuangan, soalnya kita harus ngejar tanda tangan pembimbing sampe ke Dago Atas (deket daerah Dago Pakar) karena beliau sedang ada pelaatihan. Apalagi pulangnya juga harus survey tempat Kerja Praktek dulu,,jadinya hari pertama 21 tahun dipenuhi sama penyelesaian tugas kuliah..hehe

Proposa Tugas Akhir : Before & After Revisi

Karya pertama di usia 21 :)
Februari - April 2012
Fokus kerja praktek di tempat masing-masing, jadi untuk sementara TA diistirahatin dulu..hehe..Tempat kerja praktek saya di Bank Syariah Mandiri KCP Ujungberung. Banyak pengalaman dan keluarga baru disana.. :)

April - Juni 2012
Lanjut tamatin TA lagi..meskipun cuma tinggal satu bab, tapi disini poin paling pentingnya karena ngebahas tentang hasil penelitian kita. Banyak tantangannya juga soalnya ga semua data bisa diolah dengan lancar. Pelru dimodif dulu atau ngelewatin tahapan tertentu. Data yang digunain mayoritas kuantitatif semua (emang harusnya gitu sih), pake program SPSS. Saya juga sempet nemuin kendala disini,,bahkan sempet disuruh ganti metode penelitian. Alhamdulillah-nya bisa diatasin dan ga perlu ganti metode lagi.. :)

Tahapan ini yang paling banyak miracle-nya..rata2 'ujian'nya itu emang sesuai amalan masing-masing. Ada yang kesulitan ngehubungin dosen bahkan ada yang H-7 pengumpulan harus ganti metode gara2 pembimbingnya belum 'klik' sama TA-nya selama ini..Alhamdulillah masalah yg saya ga seekstrim kasus tadi..hehe

Jumat, 22 Juni 2012
Pengumpulan draft Tugas Akhir..Akhirnya perjuangan menyusun TA mendekati final..Dari waktu pengumpulan ini kita punya waktu 2 minggu buat istirahat n nyiapin sidang TA yg jg sekaligus ujian komprehensif..

Kamis, 12 Juli 2012
Hari yang mendebarkan dan dinantikan pun tiba juga..sekarang saatnya proses pertanggungjawaban tugas akhir yang telah disusun selama 6 bulan terakhir..
Persiapan Sidang TA

Foto bersama sebelum diuji

Berdoa bersama sambil menunggu dosen penguji..
Kamis, 26 Juli 2012
Alhamdulillah,,setelah melalui proses revisi dan pengumpulan tanda tangan para penguji,,dan koreksi sana sini biar ga ada satupun yang kelewat,,akhirnya TA siap diterbitkan dan dipublikasikan :)

My Final Exam..
Sabtu, 15 September 2012
Hari ini hari wisuda D3 2009 dan D4 2008 Polban..Alhamdulillah dapet suatu kenikmatan yang tak terduga dari-Nya..Perjuangan selama 4 tahun bertahan khususnya 1 tahun terakhir yang hectic dan penuh perjuangan terbayar sudah dengan adanya wisuda ini. Di sini, saya dan dosen pembimbing dapet penghargaan Tugas Akhir Unggulan Program Studi dan Dosen Pembimbing TA terbaik..Alhamdulillah.. :)

Piagam Penghargaannya.. :)

bareng dosen pembimbing saya :)

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Wuiih seubhanallah keren teh sarah,,,, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah..Segala puji bagi Allah.. :')
      Semoga ntr dimudahin jga ya tingkat akhirnya :D

      Hapus