Menu

Jumat, 19 Agustus 2011

Indonesia 66


Hmm,judulnya mirip trending topic twitter menjelang peringatan hari kemerdekaan kita ya?! Yup, emang sengaja ngasih nama yg sama kyk judul topik twitter waktu itu. Soalnya di postingan kali ini bakal lebih banyak ngebahas soal perayaan kemerdekaan RI yg ke 66 di dunia maya.

H-1 Kemerdekaan RI tgl 16 Agustus 2011 kemarin, para pengguna twitter pada asyik berkicau soal kemerdekaan RI dgn topik #Indonesia66. Meskipun cuma sebagai pengamat, banyak kata-kata menarik yang sangat berkesan buat saya.sayangnya saya ga sempet ngedokumentasiin saking banyaknya.. :( . Balik ke topik, di edisi ini mayoritas pada ngungkapin komen2 mereka ttg negara kita yg udah tua ini. Dari yang bagus - bagus sampai ke komen negatifnya. Bahkan sampai ada yg ngusulin supaya matikan tv saat ngedenger pidato kenegaraan pak SBY. he, jahat banget ya. ya mungkin itu salah satu ungkapan kekecewaannya karena negara ini ga cukup membaik di bawah kepemimpinannya yg udah hampir 8 tahun itu. Ditambah lagi isu yg lagi beredar saat ini adalah kasus nazarudin yg ga beres2 sama ttg negara indonesia yg dinilai gagal sama beberapa pihak krn dari hasil penelitiannya (lupa siapa orgnya), Indonesia memiliki beberapa ciri-ciri dari kegagalan suatu negara. Makanya ada jg yg komen klo "negara ini tidak gagal, yg gagal itu pemimpinnya".Hmm,bisa jadi bahan intropeksi jg tuh ya. Bukan hanya itu aja, di topik ini, banyak banget org2 yg nyampein quotes dari para pahlawan negeri ini. Ada quotes dari Soekarno, Kartini sampai BJ Habibie. Cuma sayangnya itu tadi, saya ga sempet ngeabadiin tulisan2nya soalnya update bgt sampe beribu2 kicauan gitu sih.he


Di hari H tgl 17 Agustusnya, makin heboh aja perayaan kemerdekaan kita di dunia maya ini. Ga hanya twitter, google pun mengganti desain gambarnya jadi ada gambar lomba panjat pinang gitu sebagai salah satu ciri khas dari hari ulang tahun negara kita. Ternyata, ga hanya itu,kawan, di dunia maya ini pun digelar upacara digital kemerdekaan Indonesia lengkap dengan pemimpin, pembina upacara, pembaca teks proklamasi, paduan suara, dan pelengkap upacara lainnya. Cek aja di situsnya www.id-optimis.org . Saya juga ikutan upacaranya meskipun ga ontime..hehe. Jujur, saya kagum dengan konsep upacara digital ini. Upacara ini bikin kita yg udah lama ga bisa menikmati upacara peringatan kemerdekaan di dunia nyata bisa ikut menikmatinya juga. Apalagi masing-masing pemegang peran di upacara digital itu dijelasin cukup detail biar kita tau siapa aja mereka itu. Yang menarik adalah para pembina upacaranya yang terdiri dari 6 orang yg mewakili berbagai bidang. Dari 6 orang itu, saya cuma ngedengeri 3 org diantaranya soalnya saya suka sama mereka bertiga secara personal.


Siapa ajakah 3 org itu?
Pertama, Anies Baswedan, rektor Universitas Paramadina, rektor yg paling terkenal diantara rektor2 universitas yg ada menurut saya. Beliau menyampaikan soal janji dan cita-cita kemerdekaan ini. Beliau menyatakan bahwa janji itu tidak bisa diubah dan harus ditepati sementara cita-cita adalah sesuatu yang bisa diperbarui dan menjadi penyemangat bagi kita.
Kedua, Iwan Setyawan, penulis buku 9 Summers 10 Autumns yg baru2 ini saya baca. Beliau menceritakan ttg makna lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan di pedalaman Papua.
Ketiga, Bambang Pamungkas, kapten timnas senior Indonesia, salah satu pemain timnas favorit saya. Bepe mengungkapkan tentang kewajiban kita sebagai generasi muda utk mengembalikan kebesaran bangsa ini. Dan seperti yg sering ia ungkapkan,soal mewujudkan mimpi lagi2 ditekankannya disini sebagai amanat dari Pembina upacara digital itu. Untuk lebih lengkapnya bisa baca di situs pribadinya di www.bambangpamungkas20.com

Di samping upacara digital itu, dunia twitter pun kembali heboh dengan kicauan para penggunanya. Topik kali ini adalah ttg #17an. Banyak yang ngungkapin ttg makna kemerdekaan dari mereka sendiri dan bagaimana cara mengisinya serta sejarahnya 66 tahun silam. Bahkan, tagline topik tsb diniatkan untuk mencapai angka 1.781.945 sebagai bentuk kecintaan masyarakat Indonesia akan negerinya yang berhasil dicapai pada sekitar jam 8 malam. Happy Birthday Indonesia pun juga menjadi worldwide trending topic yg bikin beberapa selebritis dunia ikut ngucapin met ultah buat tanah air kita.

well,segitulah laporan perayaan kemerdekaan RI yang ke-66. Semoga temen-temen bisa dapet banyak inspirasi dari sini dan bisa sama-sama berjuang buat bikin negara kita berjaya kembali di dunia ini. Bagi saya sendiri, inspirasi dari peringatan kemerdekaan RI kali ini adalah berbuatlah yang terbaik dari kemampuan dan potensi yang kita miliki. Karena dari kumpulan individu-individu yang hebatlah, Indonesia bisa memberikan cahayanya bagi dunia. Ga percaya? liat aja Ir.Soekarno, BJ,Habibie, Bambang Pamungkas, Taufik Hidayat, Sri Mulyani, M.Syafii Antonio, para peraih medali akademis, dsb. Mereka adalah contoh cahaya Indonesia yang berhasil menerangi dunia ini..mau kayak mereka? hayu kita berjuang utk ngasih yg terbaik dr diri ini..untuk Tuhan, bangsa, dan dunia.. dirgahayu Indonesia-ku.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar