Menu

Senin, 31 Desember 2012

Catatan Akhir Tahun 2012

Alhamdulillah..Allahu Akbar..tahun yang telah dinanti-nantikan selama 4 tahun terakhir, berakhir sudah. Benar-benar tidak terasa. Masih teringat di benak saya, 4 tahun yang lalu ketika memasuki dunia perkuliahan yang penuh warna-warni ini. Saya yang keluar dari zona nyaman ketika itu, jauh dari teman-teman putih abu-abu saya dengan segala pembelajaran dan kekeluargaannya. Suatu awal yang cukup berat bagi saya. Berada dalam lingkungan dengan berbagai perbedaan yang begitu jauh dengan tempat saya berasal membuat saya harus bisa menjaga prinsip dan berinteraksi dengan orang-orang di dalamnya sebaik mungkin.

4 tahun pun berlalu. Tahun 2012 benar-benar menjadi "Tahunnya Kita" dimana saya dan teman-teman saya semasa putih abu dulu mayoritas telah berhasil berjuang dengan lingkungan perkuliahan masing-masing dan mendapat tambahan 2-3 huruf di belakang nama kita masing-masing. 2012 juga menjadi suatu tahun yang istimewa buat saya dan teman-teman saya di kampus karena telah berhasil menyusul sahabat seperjuangan kami dalam angkatan 2008 yang telah lulus duluan sesuai dengan program D3 yg mereka ambil. Bener-bener suatu kenangan tersendiri ketika kami mengingat angka 2012 ini :)

Awal tahun 2012 lalu, saya menetapkan tahun ini dengan tagline "2012 : Bukan Sekedar Lulus". Dulu, saya berpikir bahwa kelulusan saya bukan hanya sekedar penambahan gelar n selesainya waktu kuliah saya di Polban. Saya pengen punya makna yang mendalam dari sekedar lulus. Saya ingin keluar dari kampus itu meninggalkan jejak yang bisa dibanggakan kampus dan menjadi teladan bagi mereka yang masih berada di dalamnya. Alhamdulillah tagline tersebut berhasil dicapai. Banyak pengalaman berharga yang saya dapetin selepas acara seremonial wisuda pada bulan September lalu. Apalagi bukan hanya dari sisi akademis saja yang saya dapetin, tapi juga sisi spiritual, organisasi, dan kekeluargaan yang tidak didapatkan oleh setiap mahasiswa disini. Saya berhasil mendapatkan keluarga baru dengan berbagai pelajaran di dalamnya. Dari mulai keluarga baru yang menemani saya selama kerja praktek d BSM Ujungberung, adik-adik di Assalam dan unit dakwah kampus lainnya yang menjadi tempat refreshing penulis di tengah kejenuhan tingkat akhir yg puncaknya bertualang bersama di Lembang, tim kecil Shops yang semangat ngejalanin bisnis syar'i, Muda Mulia Family yang paling banyak nularin energi positif & pengalaman luar biasanya, dan tentunya keluarga besar Keuangan Syariah 2008 dan greenbankers Himakaps yang telah menemani saya selama 4 tahun terakhir :') *berasa nulis kata pengantar lagi..hihi

Selepas dari kehidupan saya di masa perkuliahan tingkat sarjana, ternyata dunia akademis masih betah menghampiri saya. Setelah mengikuti rangkaian tes menuju MODP yang berakhir dengan kegagalan, saya pun kembali ke dunia akademis sambil menunggu waktu yang tepat menurut-Nya untuk benar-benar terjun dalam dunia praktisi perbankan syariah. Tanpa direncanakan jauh-jauh hari, saya ditakdirkan Allah untuk melanjutkan studi saya ke tingkat master dalam waktu singkat (sebulan setelah saya wisuda). Alhamdulillah..benar-benar suatu anugerah yang tak ternilai harganya. Meskipun terasa berat di awal, sama seperti proses perpindahan dari satu lingkungan ke lingkungan baru lainnya, dengan izin Allah, saya mendapatkan banyak kemudahan selama proses studi saya di kota Jakarta. Berpindah dari kota Bandung yang telah mewarnai kehidupan saya sejak 21 tahun yang lalu dengan segala kenyamanannya menuju kota Jakarta yang penuh dengan kesibukan dan tingkat kriminalitas yang tinggi tentunya menjadi suatu tantangan yang cukup berat bagi saya. Di sini, lagi-lagi saya dipertemukan dengan lingkungan yang nyaman dan keluarga baru dengan berbagai amanah profesional mereka yang memiliki kesamaan tujuan yaitu memanjukan ekonomi syariah Indonesia. Karena di tahun 2012 ini saya menjalani dunia perkuliahan dengan jenjang yang berbeda, maka saya pun mengubah tema tahun tsb menjadi '2012 -> the academic acceleration' :)

Selain itu, akhir tahun 2012 ini, selain ditutup dengan nonton 2 film Indonesia yg keren banget (5 cm dan Habibie Ainun), saya juga menghadiri walimahan adik kelas saya sendiri yang proses dari awal sampe menjelang pernikahannya saya tau karena dia juga salah seorang yang mewarnai kehidupan saya di tahun 2012 ini. Jadi ngerasa amazing juga kalau ngeliat proses perubahan keyakinannya dari yg anti nikah sampe segera menikah dini yg bisa temen2 simak di sini. Sekedar info, selama satu bulan terakhir pulsa, saya mendapat undangan dari temen2 yg menyempurnakan agamanya selama 4x berturut-turut. Rekor jumlah undangan yg saya terima juga sejauh ini.hehe.. terus kenapa dibahas? Soalnya undangan2 tsb bikin saya makin sadar kalau usia2 segini emang merupakan waktu yang pas untuk menyempurnakan agamanya masing-masing. Saya juga jadi berusaha untuk terus memperbaiki diri dan memantaskan diri dengan seseorang yang akan diberikan-Nya di waktu yang tepat nanti..Kita liat aja nanti ya kapan waktu itu tiba :)

Secara umum, banyak sekali keajaiban-keajaiban dan kejutan tak terduga yang telah saya peroleh sepanjang tahun ini. Hal ini tentunya menjadi suatu hal yang luar biasa bagi saya di tengah kelalaian saya dalam menjalankan ibadah kepada-Nya. Saya juga merasa malu karena terlalu banyak nikmat yang belum saya syukuri tapi Ia tidak henti-hentinya memberikan berbagai kemurahan-Nya pada kita :') Saya juga dipertemukan dengan orang-orang hebat yang selalu memberikan banyak kebaikan bagi orang-orang di sekitarnya. Saya yakin banyak sekali pelajaran yang Ia berikan pada saya selama tahun 2012 ini. Sekarang saatnya untuk melepas 2012 dengan segala keajaibannya menuju 2013 yang masih menjadi misteri dengan segala tantangannya :')

Best Quotes in 2012 :

"Dan tidak ada yang Engkau ciptakan di dunia ini dengan sia-sia.." (QS Ali Imran : 193)

"Setiap dari kamu sudah berjalan cukup jauh dalam hidup, tetapi setiap dari kamu masih ada perjalanan yang harus kamu tempuh. Langkah kaki kita sudah berjalan cukup jauh untuk sampai di sini, tetapi kita selayaknya percaya kalau masih ada langkah untuk berjalan lebih jauh lagi.
     Karena hidup tidak pernah sampai di sini. Karena untuk hidup dan melangkah adalah sebuah anugerah, tetapi untuk terus hidup dan terus melangkah lagi, bekerja keras untuk setiap impian adalah luar biasa.
    Karena sejak ada di muka bumi ini, dalam hidup manusia telah saling membuktikan kepada manusia lain bahwa mimpi memang menjadi kenyataan, bahwa keajaiban itu ada. Bahwa dengan impian dan kerja keras manusia bisa melakukan sesuatu yang kadang ia sendiri tidak menyangka ia bisa melakukannya, melakukan hal-hal yang jauh di luar kemampuannya, melakukan sebuah keajaiban.." (2 bab Kerja Keras- Donny Dirgantoro)

"Sesungguhnya setiap orang yang kita jumpai adalah bagian dari cara-Nya mendidik kita..Setiap orang memiliki ilmu, pengalaman, kelebihan dan kekurangan, yang bisa menjadi ladang ilmu dan hikmah bagi perubahan diri kita.." (Abdullah Gymnastiar)

""In life, you will realize there is a role for everyone you meet. Some will test you, some will use you, some will love you, and some will teach you.. But the ones who are truly important are the ones who bring out the best in you. They are the rare and amazing people who remind you why it's worth it.." (unknown)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar