Menu

Selasa, 29 November 2011

1 Muharram 1433 H : Musyawarah Anggota (2)


...lanjutan...
 
Bukan hanya itu, ternyata pembahasan mengenai penerimaan atau penolakan LPJ kepengurusan 2009 lebih alot. Sebelum dilakukan keputusan tsb, terlebih dulu kita ngebahas beberapa standar penentuan penilaian LPJ dari salah satu sumber di internet. Ternyata penilaiannya (khususnya LDK) bukan hanya dari kinerja kepengurusan dari aspek organisasinya, tetapi juga dari aspek politis dan dinniyahnya juga. Oleh karena itu, kita pun menambah indikator-indikator dari penilaian tersebut. Bukan sekedar laporan pertanggungjawabannya yg tertera di atas kertas, tapi juga kinerja mereka di lapangan selama setahun terakhir, tercapainya visi misi yg dibawa oleh ketua umumnya dan juga parameter keberhasilan yg sudah lama tercantum dalam Garis Besar Haluan Kerja organisasi ini. Tapi ternyata, semua itu tidak mudah,kawan. Sempat menemukan jalan buntu, akhirnya kita pun mempertimbangkan penilaian kepengurusan mereka dari sudut pandang orang lain (di luar DPA maksudnya). Jadilah 5 orang calon ketua angkatan 2010 dipanggil oleh kita untuk mengungkapkan pendapat dan penilaian akhir dari mereka. Alhamdulillah, setelah mendengarkan pendapat mereka, pikiran kita pun jadi lebih terbuka dan mendapatkan pencerahan dan terdapat satu suara setelah mempertimbangkan banyak hal itu.

Sayangnya, keputusan yang harus diberikan ini sangat berat sekali. Apalagi yang akan diberikan kepada mereka telah kami rasakan sebelumnya, jadi kami paham apa yang mungkin terjadi pada diri mereka. Dibutuhkan kelapangan serta kekuatan hati dan pikiran untuk menerima kabar tsb. Saya pribadi juga merasa sesak karena hal yang kami rasakan harus terulang kembali kepada generasi setelahnya. Maka dari itu, sebelum memutuskan hal tsb, kami juga merundingkan hal-hal yg harus disampaikan kepada mereka sebagai konsekuensi dari keputusan ini.

Satu suara telah diputuskan. Kini, kami pun melanjutkan pembahasan mengenai Ketua DPA terpilih selanjutnya. Diantara 3 calon terkuat, ternyata pilihan akhir kami berbeda dengan pilihan mayoritas pengurus inti ketika itu. Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya terpilihnya ketua DPA yang tidak pernah diduga sebelumnya tapi insya Allah sanggup untuk memberikan perbaikan dan perubahan di DPA itu sendiri untuk Assalam ke depannya.

Syuro kami pun berakhir sudah. Kami pun menyiapkan suasana yg lebih kondusif sebelum memanggil peserta sidang yang lain. Meskipun begitu, tetap saja suasana hati kami ga karuan untuk menyampaikan keputusan ini. Peserta pun mulai berdatangan dan telah mempersiapkan diri untuk menerima keputusan sidang ini meskipun sebenernya saya sendiri ga tega ngeliat wajah polos para penguin yg sedang menunggu keputusan sidang. Sidang ini dimulai dengan pembacaan SK tentang Ketua Assalam terpilih. Alhamdulillah respon peserta sidang cukup baik dan tenang. Ditambah lagi dengan adanya takbir setelah adanya ketuk palu SK tsb seolah-olah menyatakan dukungan para peserta sidang terhadap ketua terpilih. Setelah itu, langsung dilanjutkan dengan pengumuman ketua DPA 2009. Yang bikin unik adalah ketua terpilihnya kebetulan posisinya sebagai presidium 2 di sidang ini. Jadi mau ga mau, semua mata tertuju pada beliau yg keliatan shock n ga nyangka klo bakal terpilih sebagai ketua DPA selanjutnya. Agak geli juga ngeliatnya yg merhatiin SK itu seolah ngeyakinin dirinya sendiri bahwa memang dia yg terpilih diantara calon-calon yang lain.

Sekarang giliran yg ditunggu-tunggu dan paling bikin jantung berdetak ga karuan buat ngedenger hasil keputusan ini pun datang juga. Kami yang DPA saja tetep ngerasa deg2an ngedenger pengumumannya karena khawatir dengan sikap para penguin begitu mendengar keputusan ini. Apalagi mereka ya. Ditambah lagi ngeliat kondisi presidium 2 yang agak shock dengan pengumuman sebelumnya, jadi ga tega klo harus ngeliat mereka shock 2 kali. L Well, akhirnya mau ga mau, pengumuman itu pun harus segera kita denger bareng-bareng. Pengumuman yang disampaikan pun sempet bikin para peserta sidang tak sabar untuk segera mendengar hasil akhirnya gara2 presidium 1-nya sempat salah baca SK dan harus diulang lagi bacanya.he. Yang saya rasain suasana tegang begitu kentara ketika pengumuman terakhir itu disampaikan. Ditambah lagi, pengucapan kata demi kata yang begitu jelas dan banyak jeda itu semakin menambah ketegangan kami semua. Endingnya pun saya rasain cukup dramatis. Perlahan tapi pasti, sampailah pengucapan SK yang berisi “maka diputuskan bahwa laporan pertanggungjawaban ini dinyatakan…” (hening…jeda yg cukup lama seolah-olah sengaja dibuat untuk menambah ketegangan kami) “DI****” tok tok tok…palu pun langsung diketuk sepersekian detik setelah keputusan tsb dibacakan. Huff, benar-benar dramatis dan langsung tepat menyentuh bagian hati terdalam kami semua. Seketika itu, tangisan para akhwat pun mulai terdengar ditambah tundukan kepala para ikhwan tanda rasa percaya tidak percaya sedang menggelayuti mereka. Sedih memang. Kami pun merasakan rasa sesak yang sama ketika melihat peristiwa itu. Kata demi kata pun disampaikan oleh kami, para DPA untuk memberikan penjelasan yang rasional agar dapat mengobati kekecewaan mereka. Kami juga menyemangati mereka agar tetap bertahan karena pada dasarnya ini semua merupakan penilaian manusia yang penuh keterbatasan. Terlepas dari itu semua, penilaian dari Allah swt –lah yang paling sempurna karena Ia Maha Sibuk dan Maha Mengawasi hamba-hambanya setiap waktu.  

Setelah itu, sama seperti yang dilakukan oleh Ketua sebelumnya, ketua terpilih dari 2009 pun memanfaatkan momen tahun baru Islam ini untuk sama-sama berhijrah dan bersumpah bahwa apapun yang terjadi, meskipun tinggal masing-masing diri kita tinggal seorang diri, kita harus tetap menjadi pejuang dakwah ini dimanapun kita berada. Hmm,sebenernya kalimat-kalimat dan sumpah ini mengingatkan saya kembali pada momen yang sama ketika saya mengucapkan kalimat tersebut yang dipandu oleh Ketua Assalam 2008. Ga kerasa ternyata udah 2,5 tahun saya telah bergabung secara aktif dalam ADK ini dan udah banyak momen-momen perjuangan dan persaudaraan bersama mereka semua yang ga kan pernah bisa saya lupain..^^

Akhirnya, Musyawarah Anggota ini pun berakhir sudah. Meskipun secara teknis, ending dari sidang ini cukup kacau (SK yg ga sempurna dieditnya, printer yg ga ada jadi ga ada penandatanganan SK + berita acara scara langsung), banyak kesan mendalam yang kami semua dapatkan di sini. Musang ini merupakan momen pertama saya menghabiskan waktu di Tahun Baru Islam dengan cukup produktif bareng saudara2 seperjuangan di Assalam. Mengingat ini adalah momen terakhir saya ketika menjadi DPA, maka saya bakal merindukan suasana seperti ini. Suasana berkumpul dengan mereka dan para generasi baru yang jiwa-jiwanya masih bersih dan penuh semangat untuk terus dikembangkan potensinya di jalan kebaikan. Kepolosan, keceriaan, dan semangat dari pribadi-pribadi mereka terus menginspirasi saya agar tetap menjaga mereka di sini. Saya sangat sayang mereka karena-Mu, ya Allah. Terlepas dari semua keceriaan itu, saya juga sempat khawatir dengan aspek psikologis yg mereka terima karena keputusan ini, ya Allah. Semoga Engkau senantiasa memberikan mereka kekuatan hati dan keistiqamahan untuk terus memperbaiki diri dan berjuang di jalan ini untuk meraih keridhaan-Mu dan semoga Engkau dapat mengumpulkan kami kembali di istana surga-Mu kelak. Sangat bersyukur bisa diberi kesempatan untuk melewati tahun baru Islam ini dengan orang-orang hebat seperti mereka.. :)


Logao Assalam,,satu dalam Islam :)


Dedicated to :
DPA 2008 buat semua kebersamaan yg telah kita lewati selama 2,5 tahun terakhir..makasih atas kesempatan yg udah diberikan selama jadi satu tim super bareng kalian semua..banyak banget pembelajaran yg didapetin selama bareng2 kalian,saudara2 seperjuanganku..sukses di bidangnya masing2 ya J sampai ketemu lagi di acara syukuran walimahan masing2 dr kita..hehe >.<

Penguin 2009 buat semua semangat dan karya nyatanya di jalan ini. Banyak banget hasil inovasi kalian yg menginspirasi banyak orang..tetep semangat..akhir kepengurusan bukan berarti akhir ukhuwah atau kerja sama kalian..ke depannya banyak tantangan yg harus dihadapi di luar jalan ini..tetep jaga adik2nya ya..bikin mereka jauh luar biasa dari kita n ga ngelakuin kesalahan yg sering kita lakuin selama kepengurusan kemarin..

Salamers 2010 buat semangatnya yang terus meninggi untuk tetap bertahan di jalan ini..setahun ke depan merupakan medan juang kalian untuk berkontribusi meneruskan perjuangan di kampus ini..smoga slalu dimudahkan urusannya dan terjaga semangatnya untuk terus bertahan :)

Adik2 2011 n panita musang buat kerja samanya dalam mempersiapkan acara ini..maaf klo belum bisa berbuat banyak buat temen2 semua..semoga acara ini bisa dijadiin pembelajaran buat perjuangan kalian yg masih panjang ini..tetep semangat..jaga ruhiyah..jaga semangat n jaga ukhuwahnya ya..saya sering terlucuti semangatnya dengan kehadiran kalian yang penuh semangat ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar