Menu

Sabtu, 12 November 2011

Sea Games 26 : United and Rising

wae wa e o, wae wa e o, wae wa e o, wae wa e o
wae wa e o, wae wa e o, wae wa e o, wae wa e o

aku di sini kau di sana, tak menghalangi jiwa kita
dalam hangatnya sang mentari satukan jiwa dan hati
berpegang tangan dalam mimpi yang sama
dan tunjukkan kepada dunia

kita bisa, kita pasti bisa
kita akan raih bintang-bintang
kita bisa jadi yang terdepan
bersatu bersama dalam satu irama
terbang meraih kejayaan, kita bisa!


wae wa e o, wae wa e o, wae wa e o, wae wa e o

menang kalah bukan masalah
persahabatanlah yang terhebat
senyuman hangat takkan terlupakan
dan tunjukkan kepada dunia

kita bisa, kita pasti bisa
kita akan raih bintang-bintang
kita bisa jadi yang terdepan
bersatu bersama dalam satu irama
terbang meraih kejayaan, kita bisa!


Akhir – akhir ini lagu di atas sering banget kita dengar apalagi sejak gelaran event terbesar se-Asia Tenggara ini resmi dibuka pada tanggal cantik tahun ini, 11-11-11. Sea Games yang berlangsung selama 22 hari di Palembang – Jakarta ini membawa perhatian jutaan mata di penjuru negara anggota ASEAN untuk menyaksikan kehebatan atlet-atlet perwakilan masing-masing negara. 


Kalau kita perhatiin lirik lagu ini, secara ga langsung lagu ini mewakili harapan masyarakat Indonesia tentang keberlangsungan acara ini. Dari warga yang tinggal di ujung pulau Weh, Aceh Utara sampe ke penduduk di daerah Merauke di Papua; Dari orang nomor satu di Indonesia sampai orang yang ga terlalu dikenal sama negara kita; Dari para pejabat Menpora sampai suporter Indonesia di lapangan; Dari para pengamat olahraga yang udah paham seluk beluk tentang suatu cabang olahraga tertentu sampai orang awam yang ga paham tentang dunia olahraga tapi tetep bersemangat mendukung negaranya sebagai salah satu wujud nasionalisme mereka; dari mahasiswa biasa sampai mahasiswa aktivis kampus; dari pejabat kantoran sampai tukang parkir sekalipun semua mata tertuju pada liputan pertandingan Sea Games dimanapun mereka berada. Harapan mereka semua cuma satu : mengembalikan kejayaan Indonesia di puncak klasemen event ini yang udah direbut orang lain sejak 1997.




Harapan ini dimunculkan dalam soundtrack dan iklan yang menyemangati seluruh warga Indonesia umumnya dan para atlet yang berlaga di medan juang ini khususnya bahwa “Kita Bisa !!”  dan “Indonesia Bisa…!”” Lagu yang sangat menarik. Di tengah banyaknya pemberitaan negatif tentang sikap hedonis para wakil rakyat dan isu-isu perpecahan di wilayah Papua, maka lagu tsb menjadi sebuah semangat tersendiri buat kita yang secara sadar ataupun nggak menginginkan kebangkitan negara kita tercinta ini dalam berbagai hal. Salah satunya ya lewat event olahraga ini.

Tema Sea Games kali ini adalah united and rising. Dua kata yang ngegambarin tujuan dan harapan dari para tim panitia supaya semua warga negara anggota ASEAN saling bersatu untuk bisa membangkitkan prestasi masing-masing negara yanag diwakili oleh para atletnya. Apalagi pembukaan event ini juga sangat spektakuler untuk kelas Asia Tenggara, maka penyajian pembukaan yang semegah itu harusnya juga diimbangin sama prestasi para atlet yang juga luar biasa dari negara kita. 

Well, semoga saja harapan itu bisa terwujud ya. Meningkatkan prestasi bangsa ini dari yang duduk di peringkat ketiga 2 tahun lalu hingga menuju puncak klasemen perolehan medali di kandang sendiri tahun ini..amiiin..

"Ayo ayo ayo Indonesia bisa
ayo ayo ayo bangkit bersatulah
ayo ayo ayo kami di sini tuk mendukungmu

Ayo ayo ayo lepaskan bebanmu
ayo ayo ayo kejarlah mimpimu
ayo ayo ayo kami di sini tuk mendukungmu"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar