Menu

Selasa, 22 November 2011

Sea Games 26 : Indonesia Memang Bisa..!!!


Entah karena adanya sugesti dari lagu - lagu soundtrack event besar ini yg mengatakan klo Kita dan Indonesia bisa; Entah karena adanya pembukaan yang sangat spektakuler; Entah karena adanya bonus Rp200juta dari Menpora buat peraih medali emas; Entah karena kita sebagai tuan rumahnya; Entah karena adanya mental juara para pelatih dan atlet di lapangan; Entah karena adanya lagu SBY untuk event ini (lho?); Entah karena dukungan dan doa jutaan pendukung event ini; dan juga berbagai alasan lainnya, yang pasti Allah swt telah meridhai dan menakdirkan Indonesia untuk merebut kembali singgasana Sea Gamesnya yang terakhir dipegang tahun 1997 silam.
Kita berhasil menjadi juara umum Sea Games,kawaaan..!!
Sungguh suatu hal yang sangat istimewa, apalagi hasil ini melampaui target yang ditetapin. Dari sekitar 150 emas yang ingin diraih, para atlet kita berhasil merebut 181 emas, 151 perak dan 142 perunggu. Meskipun jumlah ini menurun dari perolehan emas di thn 1997 yg mencapai 194 emas, tapi prestasi ini benar-benar luar biasa bagi kita. Apalagi Thailand sebagai runner up cuma bisa meraih 107 emas (jauh banget kan ya). 
Hal ini bener-bener merupakan suatu hadiah istimewa bagi rakyat Indonesia dan sebagai pelipur lara atas kekecewaan dan kesedihan kita yang lagi-lagi harus mengalah sama Malaysia di GBK sehari sebelumnya. Memang nyesek banget, tapi timnas Garuda Muda kita udah totalitas berjuang di final kemaren kok. Buktinya, adu penalti harus dilakukin setelah perpanjangan waktu belum bisa mengubah kedudukan. Kesempatan kita untuk menaklukkan Harimau Malaya juga masih ada kok :)

Salah satu hal yang saya rasain adalah suasana united n rising-nya itu kerasa banget. Gimana gak,kawan. Setiap tempat yang saya lewati, dari mulai mall - mall di pinggir jalan sampai warung tegal sekalipun, semua orang berkumpul untuk melihat pertandingan atlet-atlet yang berjuang membawa nama Merah Putih. Tak terkecuali saya. Pagi-pagi udah nyalain tv buat liat liputan Sea Games n jadwal pertandingan hari itu padahal malem harinya saya udah udah ngedengerin rekap perolehan medali di hari itu. Ditambah lagi, update-an dr berita berjalan di tv2 pun sangat rajin memberitakan peningkatan medali yg kita raih tiap selesai pertandingan cabang olahraga di event ini.

Bukan hanya itu, kawan. Risingnya perolehan medali kita pun diiringi dengan rising-nya para atlet kita. Regenerasi atlet udah terlihat di beberapa cabang olahraga (ga hanya sepakbola dgn tim U-23nya aja ya). Yang paling bikin saya tersentak kaget adalah bahwa pada Sea Games tahun ini, mayoritas atletnya itu berada di usia yg sama kayak saya. Kalau dulu saya cukup menikmati pertandingan mereka karena mereka layaknya kakak2 saya yg sedang berjuang untuk negara ini, sekarang saya juga harus mulai sadar bahwa usia 20an seperti saya ini merupakan usia yang tepat untuk lebih berkontribusi langsung pada negeri ini. Apalagi peraih medali emas itu pun banyak diraih oleh mereka yang berusian 20an. Ga tanggung - tanggung, temen saya dan adik kelas saya di SMA ada yang berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di akhir pertandingan mereka.
Tim putra taekwondo yang beraksi

Fazza (kiri) dengan medali emasnya

Temen sekelas saya itu (yg dulunya juga menjadi Ketua Kelas selama 2 tahun) M. Fazza Fitra C berhasil menyumbangkan perolehan medali emas di hari pertama dengan dua rekannya pada tim putra taekwondo. Sedangkan adik kelas saya (tepatnya sih adiknya temen saya juga), Amanita Muskarianny yang berhasil meraih medali perak pada cabang renang. Kedua hal penting yang bikin mereka bisa seperti sekarang adalah karena mereka mencintai olahraga itu dan fokus utk mengembangkan kemampuan masing2 di cabang olahraga tsb. Salut, bangga sekaligus envy juga sama mereka..hehe..

Amanita (kiri) yang berhasil meraih perak
 kenapa envy? Hmm, soalnya mereka udah berhasil menorehkan prestasinya utk mengibarkan Merah Putih di ajang dunia internasional sementara saya masih berkutat dengan dunia saya sendiri dan belum memberi kontribusi yang begitu berarti untuk tanah air ini. :(  Jadi inget obrolan saya sama temen saya di twitter :
temen saya : dikelilingi orang2 berprestasi bikin smangat tp minder jg Щ(ºДºщ) dan dalam hal apakah saya sudah berkontribusi untuk indonesia??
saya : itu banget, ne, yang sarah rasain :(
temen saya : mungkin kita ada waktunya masing2,jadi jangan menyerah kita harus selalu berusaha ^o^ !
Hmm,,bener juga kata @AnneOrchestra, sahabat saya di MK dan KIT yg kini ngelanjutin sekolahnya di Malaysia ini..Biarlah waktu yang kan menjawabnya..klasik sih. Tapi emang bener,kawan..Selama kita terus berjuang dan berusaha mewujudkan mimpi2 besar kita,,maka waktu yg kan menjawab di mana peran kita utk bisa berkontribusi lebih untuk semua hal yg kita cintai, termasuk negara ini, Indonesia  ^^
Anyway, masih pengen cerita juga nih. Diantara sekian banyaknya para atlet yang berhasil menyumbangkan medalinya, ada satu pertandingan yg sangat berkesan buat saya. Kali ini bukan dari sepakbola (meskipun pertandingan kemaren tetep memberikan kesan tersendiri di hati ini. alaaah). Tapi dari cabang bulu tangkis. Cabang olahraga yg dulunya sering saya perhatiin tapi kemudian teralihkan dengan dunia sepakbola.hehe. Di Sea Games kali ini, final tim individu bulu tangkis berhasil mengabadikan kesempatan langka dimana kawan dan lawan berasal dr negara yg sama. All Indonesian,kawan. Bukan cuma 1 partai, bahkan 2 partai lho. Ganda putri ada Nadya/Vita vs Nitya Krishinda/Anneka Feinya. Yang ga kalah serunya di ganda putra ada duel kakak beradik Kido/Hendrawan vs Bona/Ahsan. Waw, benar-benar suatu pertandingan yg bikin kita penasaran buat ngeliat langsung pertandingannya. Pertandingan ini ternyata merupakan obsesi kedua orang tua Kido dan Bona untuk mempertemukan kedua anaknya di laga final. Hal yg paling mengejutkan lagi adalah ternyata sang adik berhasil merebut singgasana Kido/Hendrawan yg mendominasi posisi puncak klasemen ganda putra selama ini. Udah gitu, beresnya pada pelukan lagi..Hmm,,so sweet banget..jarang2 ada kakak adik yg sama2 cowok bisa punya cerita kayak gitu >.<
Bona Septano & Mohammad Ahsan dgn medalinya
 
Nitya Krishinda/Anneka Feinya jawara Ganda Putri
Kemenangan Tim Putra Bulutangkis di nomor kelompok

Well,segitu cerita dari suasana Sea Games yg ingin dishare di sini..smoga bermanfaat dan ngedapetin inspirasi dr kisah2 perjuangan atlet2 kita ini..Tetep semangat membangun negeri ...!! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar