Menu

Jumat, 01 Juli 2011

SPIRIT 2011 : Finally Their Dreams Come True


Berjuta rasa syukur dan bangga terucap saat mendengar kabar kelulusan adik-adik penerus dari sekolah yang penuh perjuangan itu. Sebagian besar dari mereka berhasil meraih tiket emas untuk masuk ke pintu gerbang dunia kampus yang berwarna-warni itu baik melalui SNMPTN undangan maupun SNMPTN tertulis.

Setiap mendengar kabar dari adik-adik SMA 3, secara otomatis otak saya akan memutar memori kenangan ketika saya masih berada di dalamnya beberapa tahun silam. Teringat jelas memori ketika saya dan teman-teman seperjuangan saya rajin melingkar-lingkar di sudut sekolah untuk mendapatkan suntikan semangat dari coacher yang sangat kami banggakan, Almira Alyanissa (mahasiswi FK Unpad 2006). Berbagai macam motivasi – motivasi dari dunia kampus dan putih abu selalu disampaikan olehnya dengan diselipi potongan kata-kata mutiara,quotes,  hadits dan ayat-ayat Al-Quran yang berkolerasi dengan cerita darinya.

Hingga akhirnya pertemuan itu memberikan kita semangat lebih untuk menghadapi ujian-ujian masuk perguruan tinggi ataupun swasta yang sangat eksis di kala itu. Sebut saja USM ITB, UM UGM, UMB UI, SMUP UNPAD, Tes Masuk STT Telkom, PMDK dan UM-UM lainnya yang berujung pada puncak perjuangan kami saat itu, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sebagian besar dari kami berhasil meraih ‘tiket’ tersebut lebih awal dibandingkan dengan teman-teman yang lain. Baik tiket utama ataupun tiket cadangan yang nantinya mungkin akan dipertimbangkan jika pilihan utama belum ditangan.


Detik-detik menjelang pengumuman ujian puncak yang dulunya bernama SPMB itu semakin dekat. Untuk menenangkan hati kami, kami dihadiahi pelatihan berjudul Patlabor Camp 2008, sebuah pelatihan kepemimpinan sebelum memasuki dunia kampus yang diselenggarakan oleh kakak-kakak angkatan kami. Sebuah pelatihan yang benar – benar full manfaat dan pengetahuan seputar dunia kampus yang bikin kita semua seolah-olah melupakan sejenak rasa deg-degan yang ga karuan menunggu pengumuman SNMPTN. Kegiatan ini juga memang dirancang untuk menyiapkan hati kami semua untuk menerima kabar pengumuman SNMPTN apapun hasilnya. Kami jadi dekat satu sama lain dan saling memotivasi untuk menguatkan hati mendengar kabar tersebut sepulang dari kegiatan ini.

Kegiatan yang berlangsung 2 hari di wilayah gegerkalong ini ditutup dengan games outbond di Dago Pakar sampai sore hari. Pulang dari kegiatan ini kami langsung menuju sekolah kami dan melihat pengumuman  SNMPTN . Berhubung waktu itu belum banyak pengguna modem internet kayak sekarang, jadi dulu kalau mau cari info di dunia maya harus ngerelain waktunya tuk pergi ke warnet. Jadilah waktu itu kita semua yg habis berkotor-kotor ria dari dago pakar berramai-ramai pergi ke warnet buat ngeliat pengumumannya dengan perasaan yang campur aduk. Ada yang kaget tidak percaya karena pilihan pertamanya berhasil terwujud. Ada yang tersenyum geli dan senang melihat tingkah laku teman-temannya itu. Pokoknya kami bener-bener bikin kehebohan di warnet itu.

Hmmm,ga kerasa ya, ternyata udah 3 tahun waktu berlalu dan kami semua telah menjalani perannya masing-masing sesuai dengan keputusan yang kami pilih. 3 tahun setelah itu, saya dipercaya untuk menjadi coacher adik-adik SMA 3 yang tengah menghadapi persimpangan jalan untuk menyiapkan masa depan mereka. Bersama tim SPIRIT 2011 yang telah menyajikan program-program hebat untuk memfasilitasi gejolak kawula muda mereka, saya berusaha untuk memberikan motivasi-motivasi dan arahan kepada mereka. Apalagi mereka harus bisa menghadapi 2 kebijakan terbaru dari diknas untuk UN dan SNMPTN yg akan mereka hadapi. Klo dulunya kelulusan berdasarkan hasil UN aja, sekarang nilai rapot juga diperhitungkan. Klo dulu cuma ada ujian tertulis aja sekarang ada SNMPTN undangan sama tertulis. Dari muka-muka adik-adikku ini, keliatan banget dilema dan kebimbangan yg mereka hadapi. Makanya saya berusaha untuk membimbing mereka sebaik-baiknya, meskipun sebenernya usaha untuk ngebimbing mereka belum maksimal saya lakuin karena yang dateng hanya beberapa orang dan banyaknya waktu yang bentrok antara kegiatan saya dengan aktivitas adik-adik.

Dengan pertemuan yang begitu singkat dalam sekian pekan dan komunikasi ga langsung via sms atau jejaring sosial, akhirnya mereka pun telah berhasil menempuh berbagai ujian tingkat akhir semasa SMA. Untuk ujian sekolah dan ujian nasional, Alhamdulillah seluruhnya lulus. Tapi untuk ujian masuk kampus, ga seluruh personil coaching ini masuk lewat tahap pertama. Beberapa dari mereka, harus terus berjuang di tahap selanjutnya. Berbagai perasaan pun tertumpahkan saat pertemuan coaching itu, kecewa, sedih, turun semangat, dsb mereka rasain. Padahal tinggal menghitung hari menuju ujian SNMPTN. Cukup berat juga memotivasi mereka dalam kondisi yg kyk gitu, tapi klo inget bahwa memang Allah yg Maha Segalanya dan ningkatin keyakinan akan hal itu, insya Allah semuanya jadi lancar dan penuh kejutan.

Alhamdulillah, sebulan kemudian, pengumuman SNMPTN pun digelar. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tim SPIRIT menyiapkan pelatihan Patlabor Camp sebelum pengumuman SNMPTN. Sayangnya untuk patlabor camp kali ini saya ga bisa ikut, jadi ga bisa ngeliat hasil pengumumannya secara langsung bareng mereka. Keesokan harinya saya pun mencari tau hasil pengumuman SNMPTN tertulis adik-adikku ini. Hasilnya luar biasa..Segala puji bagi Allah yang selalu memberikan scenario terindah untuk masing-masing makhluknya,,2 orang adik saya yang begitu galau dan turun semangatnya menjelang SNMPTN berhasil diterima pilihan pertama mereka. Suasana hati saya pun semakin ga karuan, terharu, bangga, dan ikut senang atas tiket kuliah yang berhasil mereka peroleh. Kalau ngeliat kondisi mereka ketika itu, bener2 semakin meyakinkan kita bahwa rezeki dari-Nya memang pantas diterima oleh kita di saat yang tepat, ga bisa dimajuin atau dimundurin dengan sgala campur tangan manusia. Hmm, memang begitu menarik klo kita ngebahas kisah-kisah seperti ini..

Sekarang, adik-adik coaching SPIRIT ini udah berhasil melepas dunia putih abu mereka menuju dunia kampus yang berwarna – warni..Selamat menjadi mahasiswa, sahabat SPIRIT..!! Semoga kalian semua bisa memberikan peran-peran yang beraneka ragam untuk bangsa dan agama kita ini..really proud of u all sis.. ^^

Tulisan ini didedikasikan untuk :
1.       Citra Restia Yusri (FK Unpad 2011)
2.       Khairunnisa Puspatriani (SF ITB 2011)
3.       Lathifa Hanum (Akun Unpad 2011/STAN)
4.       Arnisa Dewi Hasna (FTSL ITB 2011)
5.       Junisa Arini P (FTSL ITB 2011) 
6.    Navisa Nurbandika (FITB ITB 2011)

logo SPIRIT 2011


2 komentar:

  1. Rasanya seperti baru kemarin ikut Spirit 2011. Luar biasa. Makasih banyak buat Akang-Teteh panitia tahun lalu, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,sama-sama.. Semoga bisa memotivasi ya :)
      sekarang kuliah di MIT ya? Hebaaat :D

      Hapus