Semakin
canggihnya media teknologi saat ini, semakin terasa dekat pula jarak yang
tercipta diantara manusia satu sama lainnya. Percakapan seseorang yang berada
di Bandung dengan temannya yang berada di Jepang dapat dilakukan dalam hitungan
detik melalui fasilitas yang diciptakan beberapa situs jejaring sosial yang
sedang ngetren di dunia saat ini, apalagi klo bukan Facebook dan Twitter.
Kedua jejaring
sosial tersebut memiliki ‘pengikut’ yang begitu besar dan negara kita ini
termasuk dalam 5 besar pengguna situs tsb. Begitu besarnya fenomena ini
berhasil mengundang para peneliti professional untuk mengetahui karakter dari
masing-masing pengguna kedua jejaring sosial terbesar saat ini.
Penelitian yang dilakukan
oleh ETNOMARK Consulting berhasil memetakan tipe pengguna media sosial
berdasarkan motivasi dan tujuan posting dalam status update-nya. Teknik yang
digunakannya adalah netnografi, yaitu teknik studi etnografi (ga ngerti
sebenernya) via internet yg merupakan studi kualitatif konstektual. Eksplorasi
dilakukan melalui ratusanposting dalam Facebook dan Twitter. Hasil studinya
menjelaskan adanya tujuh tipe pengguna media sosial. Pengen tau kan? Let’s
check this out..!!
1.
The Angels
Cirinya : opinion leader. Seneng sharing pengetahuan
dan pengalaman. Tokohnya biasanya dosen, pembicara, motivator, ustad, dsb.
Contoh status atau kicauannya (sengaja dibagi dlm 3
topik utama : pernikahan William-Kate, the last film Harry Potter sama PSSI
& Timnas)
“Sebagai icon dari brand negerinya, William-Kate perlu
mempertahankan brand imagenya”
“Film Harry Potter mengajarkan kita tentang cinta dan
persahabatan yang berhasil mengalahkan kesombongan dan kebencian Lord Vordemort
dan para pengikutnya”
“Meskipun, ketua pengurus PSSI dan pelatih timnas udah
berganti, merah putih dan garuda akan tetap di dadaku..”
2.
The Learners
Yang termasuk tipe ini adalah mereka yang para
pembelajar, pengumpul referensi, mencari solusi dari masalah. Mereka juga
sering melakukan sharing ulang atau re-tweet
Contohnya :
“udah dateeeng..itu mobil anti peluru, anti roket
launcher ga ya?”
“efek filmnya bener-bener dahsyat n keren abis!! the only one film 3D in Harry Potter the
Movie”
“Biaya kongres PSSI yang rusuh itu mencapai 2 milyar!!
Wow, sayang banget ya..”
3.
The Journalists
Mereka yang terdepan dalam penyampaian berita. Berita
singkat tapi terus menerus..
Contoh :
“Akhirnya tokoh utama dari Royal Wedding ini datang
juga, Kate Middleton yang didampingi oleh ayahnya.”
“Penonton Indonesia terpaksa menunda rasa penasarannya
karena film terakhir Harry Potter belum tayang di negeri ini”
“Timnas Indonesia sudah tiba di Turkmenistan untuk
beristirahat menyiapkan pertandingan Pra Piala Dunia”
4.
The Social Networkers
Mereka yang selalu ingin memperluas network, termasuk
memberikan perhatian dengan sharing atau RT opini orang lain juga memancing
diskusi forum.
Contohnya :
“Bagaimana pendapat teman-teman tentang busana
pengantin Kate?”
“Bagaimana kesan temen-temen tentang film terakhir
Harry Potter ini?”
“Menurut kalian, akankah timnas kita semakin berjaya
di bawah asuhan pelatih asal Belanda ini?”
5.
The “eksis-narsis”
Tipe yang senang mencari perhatian, harus hadir dalam
setiap bahasan, posting dilengkapi foto-foto. Perhatiannya lebih kepada “me”
atau dunianya sendiri.
contohnya :
“Kate, jangan kaget ya klo stiap malam nanti Pangeran
William bakal manggil-manggil namaku..”
“Ya ampuun,,Emma Watson cantik banget..Tunggu aku ya,
ntar kita nonton premiernya bareng”
“Buat Gonzales, ntar jangan lupa ajak aku ke Turkmenistan
yaa..”
6.
The “curhaters”
Tipe yang sangat sering berkeluh kesah terhadap apa
saja yang ditemui dan dialaminya. Kadang kali hanya sebagai tulisan iseng yang
tidak penting bagi komunitasnya.
Contohnya :
“Aku ga mau royal wedding, aku cuma butuh loyal wedding!”
“Kecewa film Harpot belum tayang di Indonesia :( “
“Aku masih belum rela klo Alfred Riedl dipecat dari
pelatih timnas! “
7.
The Observers
Mereka tergolong passive users. Tipe pengamat ini
mengikuti posting teman-temannya, ingin mengetahui apa yang terjadi, tetapi
jarang merespons dan share opini temannya. Hampir tidak ada posting yang
ditulisnya.
Contohnya : klo kita ulang tahun, biasanya bakal dapet
banyak tulisan wall dari orang-orang yang tak terduga. Mereka mungkin jarang
kita liat postingannya, tapi slalu update klo ada temennya yg ulang tahun hari
itu.
Menarik kan? Mangga dipilih, kira-kira kita termasuk
golongan yang mana yaaa??!! (^-^)v
Tidak ada komentar:
Posting Komentar