Menu

Selasa, 13 November 2012

Kalah Sebelum Berperang

"kebanyakan diantara kita belum pernah mencoba SEKALI PUN | namun sudah menyerah ini berlaku pada banyak hal | bisnis, dakwah, menikah, dan kebaikan-kebaikan yang lainnya | banyak orang gagal bahkan sebelum mulai.."(Felix Siauw)

Berasa jadi pecundang. Mungkin itulah kata yang tepat menggambarkan perasaan seseorang yang mengalami hal di atas. Ia gagal bahkan sebelum memulainya. Apalagi kalau ternyata sebenarnya ia bisa melakukannya tapi karena rasa khawatir dan tidak percaya diri yang ia punya, maka ia pun tidak melakukannya. Ironis memang. Layaknya seorang laki-laki yang tidak jadi mengkhitbah seorang perempuan yang ternyata diam-diam mengagumi lelaki tersebut hanya karena ia tidak berani melangkah untuk melamarnya..

Hmm,sebenernya yang bakal dibahas disini bukan tentang lamaran tadi tapi tentang pengalaman saya yang merasa menjadi pecundang beberapa waktu lalu. Jadi gini ceritanya, saya pengen banget ikutan suatu lomba tentang paper di bidang perbankan syariah. Lomba ini diselenggarakan 2 kali setiap tahunnya. Kebetulan di tahun ini penyelenggaraannya berubah. Di semester awal namanya Forum Riset Perbankan Syariah (FRPS) tapi di penyelenggaraan yang semester akhir namanya Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah (FREKS). Sengaja berubah karena ingin memperluas bidang/topik paper yang ada biar mengakomodasi antusias peserta yang ngirimin papernya. Nah, nantinya beberapa paper terpilih sebagai finalis berhak untuk presentasi di acara puncak. Tahun ini tempatnya di Makassar dan Pekanbaru. Sebuah kesempatan yang sangat berharga karena tempatnya di luar Pulau Jawa (saya pribadi jarang ke luar Jawa soalnya.hehe)


Keinginan tersebut pastinya karena ada suatu alasan. Saya terinspirasi untuk mengikuti jejak kakak tingkat dan dua dosen saya yang berhasil memenangkan predikat paper terbaik di kompetisi yang sama di tahun sebelumnya di kota Medan. Akhirnya kesempatan itu datang juga. Kompetisi pertama diselenggarakan di bulan Juni 2012. Ketika itu, saya masih menyusun tugas akhir dan ternyata topik yang saya ambil juga menjadi salah satu topik yang diujikan di lomba ini. Jadinya saya pun semangat buat ngikutin lomba tsb dan dalam waktu singkat segera menyelesaikan jurnal untuk dikim meskipun tugas akhir saya belum tamat. Berhubung jurnal itu intisarinya tugas akhir jadinya bisa diselesaikan lebih dulu.. :)

Setelah dicek di jadwal akademik, ternyata jadwal acara puncak di Makassar ini ga bentrok sama jadwal kuliah jadi kalaupun terpilih bisa diikhtiarkan untuk datang. Tapi ternyata Allah berkehendak lain. Diantara 6 orang peserta pemula yang terpilih, nama saya ga ada disitu. Sedih sih, apalagi banyak temen2 dan dosen yang ngedukungnya, jadi berasa ngecewain mereka :( Apa yang kita anggap baik belum tentu baik bagi-Nya. Ternyata ada rencana lain yang Allah siapin buat saya. Di tanggal acara puncak FRPS itu merupakan minggu2 yg padet menjelang deadline tugas akhir dan kondisi saya waktu itu masih dalam penyembuhan penyakit tipes (jadi belum fit bgt). Ga kebayang kan klo saya harus ikut dan terbang ke Makassar, bisa jadi badan saya makin ngedrop n malah sakit pas sidang akhir yg lebih menentukan masa depan saya nantinya..Allah memang selalu tau yang terbaik buat hamba-Nya :')

Nah, kesempatan kedua itupun datang lagi. Kompetisi yang kedua ini namanya FREKS yang berlangsung pada pertengahan November 2012. Klo di kompetisi pertama saya sedang berjibaku dengan tahun akhir maka di kesempatan ini saya baru saja memulai perkuliahan di dunia pascasarjana. Jadwal acara puncaknya pun bertepatan dengan jadwal minggu tenang menjelang UTS, jadi klopun terpilih insya Allah bisa pergi kesana. Hal ini jadi semacam God Sign buat saya soalnya jarang bgt waktunya bisa pas gitu.

Waktu awal-awal pengumuman ini, saya excited bgt buat ikutan lagi. Dosen pembimbing saya juga sangat mendukung n kita juga sempet kepikiran buat ganti metode. Akhirnya sebelum melangkah lagi buat lanjut saya dan bliau sempet diskusi panjang tentang rencana ini. Hasilnya dalam waktu 2 minggu klo mau dilanjut mau dicoba bikin paper dengan tema baru. Bener-bener dari awal lagi. Berhubung deadline pengirimannya barengan sama Muda Mulia 3 dan perkuliahan di kampus yg udah mulai padet juga, jadinya saya ga ngeluangin waktu buat ngonsep n ngelanjutin rencana tsb. Alhasil, ketika deadlinenya udah terlewati dan ada perpanjangan waktu krn jumlah peserta yg melimpah, saya cuma bisa bilang "oh, diperpanjang" tanpa ada aksi hebat buat meng-eksekusi rencana tadi.

Sebulan kemudian, ketika pengumuman finalis terpilih udah ada, saya pun mencari tau topik2 paper yang terpilih. Honestly, saya sempet shock sesaat ngeliat klo para finalis tersebut sebanyak 28 orang (biasanya cuma 12 orang). Artinya mereka semua dikasih kesempatan buat presentasi paper masing2 di Pekanbaru nanti..Rasanya lebih sedih dari kompetisi yang pertama. Bener-bener ngerasa jadi pecundang. Kalau tau ada sebanyak itu yang terpilih, kenapa ga coba ngirimin lagi paper yg dulu? Siapa tau kan bisa terpilih..Kenapa juga harus se-idealis itu untuk ganti tema dan ga jadi ikut? Padahal di sekeliling saya ada orang-orang hebat yang berani ngelangkah buat ngewujudin mimpi mereka tapi saya yang cuma ngirimin paper aja malah ga bisa..makin berasa pecundang jadinya..Apalagi waktu itu pengumumannya bertepatan sama hari pahlawan. Jadi makin sedih kalau inget perjuangan mereka dulu. Mereka yang udah ngorbanin jiwa dan keluarga mereka pada berani melangkah tapi saya malah diam tak berdaya disini. :'(

Begitulah kisah sedih yang saya alami di hari pahlawan kemarin..Smoga bisa jadi pelajaran buat kita semua ya kalau yang namanya mimpi itu emang harus dijemput dengan penuh perjuangan, maksimalin ikhtiar kita karena apapun yang terjadi ada Allah yang selalu menghadirkan peristiwa terbaik buat hidup kita. Smoga ini memang yang terbaik dan bener-bener jadi pelajaran berharga buat saya untuk bisa lebih berani melangkah memperjuangkan mimpi..tetep semangaat..! :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar