Menu

Kamis, 29 Desember 2011

Kamu Cantik dari Hatimu..^^

“You are beautiful,,beautiful,,beautiful..Kamu cantik cantik dari hatimu…”

Kawan-kawanku semua, pastinya udah familiar banget kan ya sama lirik lagu di atas. Yup, lagu tersebut dinyanyikan oleh para mojang Bandung yang tergabung dalam girlband Cherry Belle. Tentunya yg akan dibahas disini bukan ttg grup yg dikenal dengan sebutan Chibi itu melainkan tentang makna yang bisa kita ambil dari lirik lagu pembuka tulisan ini.

Seperti yang udah kita tau, yang namanya perempuan itu paling rajin memperhatiin penampilannya, bahkan oleh orang-orang yang terkesan cuek sekalipun. Saking rajinnya, waktu yang dihabisin oleh kaum hawa untuk mempercantik penampilannya itu lebih banyak daripada kaum adam. Hmm, ga salah juga sih sebenernya. Soalnya kesan pertama yg tertangkap dari mata yg juga berfungsi sebagai jendela hidup kita (soalnya semua yg kita dapetin biasanya berawal dari mata) itu adalah penampilan seseorang. Baik penampilan fisiknya maupun etika dan tingkah laku orang tersebut.

Sayangnya perempuan saat ini masih cenderung menghabiskan waktu yang jauh lebih lama untuk mempercantik penampilan dirinya tanpa memperhatikan kecantikan hatinya. Padahal kecantikan hati itu pancarannya lebih kuat dibandingkan dengan kecantikan fisik. Bahkan kecantikan hati itu umurnya jauh lebih lama dibandingin sama kecantikan fisik yang perlahan tapi pasti akan memudar ketika usia kita terus bertambah. Coba aja kita perhatiin lingkungan sekitar. Kadang-kadang ada orang yang kita lihat wajahnya biasa aja, ga pake tempelan make up sana sini, tapi cahaya jiwanya terpancar ke kita. Terkadang juga ngeliat Ibu-Ibu  atau perempuan dewasa yg secara fisik udah kalah oleh usianya tapi semangat hidup mereka tetap tinggi dan mampu tertular  ke kita semua yg notabenenya kaum muda yg memiliki semangat juang lebih tinggi. Mereka biasanya memiliki kekuatan hati yang selalu positif dan selalu menghiasi jiwanya dengan cahaya-cahaya dari Sang Pemilik Cahaya.


Jadi inget sebuah kisah yang diceritain semasa putih abu dulu. Dikisahkan (berasa OVJ gini.hehe) ada seorang gadis berseragam putih abu yang sedang bersekolah yang disayangi oleh orang-orang di sekitarnya. Bukan hanya temen-temennya, bahkan ibu-ibu kantin dan penjaga sekolah pun merasakan hal yang sama. Kok bisa ya? Setelah diselidiki TKPnya, ternyata ditemukan sebuah fakta bahwa gadis tersebut senantiasa menjaga shalat tahajud setiap harinya. Makanya ga aneh klo orang-orang di sekitarnya ngerasa klo gadis ini kyk bercahaya n selalu senyum dan memancarkan aura positif di sekitarnya..Wah, subhanallah banget ya..Kapan ya kita bisa seperti dirinya? :(

Teringat juga pendapat seorang ahli matematika muslim, Al-khawarizmi yang bilang “Kalau wanita mempunyai akhlak baik dan cara berpikir positif, maka ia adalah angka 1. Kalau ia juga cantik maka imbuhkan angka 0 jadi 10. Kalau ia juga punya harta imbuhkan lagi 0 jadi 100. Kalau ia pintar dan cerdas, imbuhkan lagi 0 jadi 1000. Jika seorang wanita memiliki semuanya tapi tidak memiliki yang pertama maka ia hanya 000” Nah, ga mau kan klo nilai kita itu Cuma 000. Sebanyak apapun angka 0 yg kita punya klo ga ada angka 1 kan artinya sama aja kyk g bernilai.

Terus gimana caranya biar kita bisa mempercantik hati kita? Sama kyk tips2 memperbaiki diri yg lainnya, modal dasar paling ampuh utk bisa meningkatkan inner beauty kita itu adalah adanya kemauan dan kesungguhan diri utk mengubahnya. Soalnya inner beauty itu g bisa qta dapetin secara instan. Harus lewat kebiasaan terus menerus. Kebayang kan klo ada org yg biasanya ngomongnya ga enakeun trus tiba2 esok harinya jadi lembut bgt, ntar bisa-bisa pada kabur semua temen2 kita saking kagetnya sama perubahan qta yg begitu drastis.hehe. Semuanya butuh proses dan bertahap. Klo awalnya qta masih suka ngomong kasar yg saking kasar n ceplas-ceplosnya trkadang ga nyadar klo qta udah nyakitin hati orang lain,cobalah utk diubah. Ini juga perlu kerja sama bareng temen deket qta buat ngingetin. Misalnya tiap saya ngomong jelek tolong cubit pipi saya ya.hehe.

Langkah selanjutnya perbanyak waktu untuk mendalami ilmu Islam. Kenapa? Yah,kita kan sejak kecil udah tau ya kalau agama kita itu Islam. Agama itu kan fungsinya sebagai pedoman hidup manusia. Kalau kita ngaku sebagai seorang Muslim, maka kita punya konsekuensi untuk memperdalam agama tersebut dan mengamalkannya. Yang paling menarik disini, Islam itu mengajarkan kita smuanya, dari hal terkecil seperti soal mandi, bersuci, mencari ilmu, dsb sampai hal-hal besar seperti peperangan, peradaban umat, politik, dsb. Klo kita bisa mempelajari agama kita, maka secara ga langsung kita pun bisa memperkaya diri dengan wawasan yg luas. Jadi makin lengkap deh manfaatnya, ga hanya mempercantik diri tapi juga mencerdaskan akal kita ^^

Last but not least, setelah kita mempelajarinya, maka tugas kita selanjutnya adalah mengamalkan ilmu yang udah kita dapetin. Terutama mengamalkan ibadah-ibadah Islam. Salah satu hal yang recommended banget adalah membaca Al-Quran. Kenapa? soalnya udah banyak yg mengalaminya klo bacaan quran itu memiliki hubungan yang signifikan dengan akhlak dan perilaku kita. Semakin banyak qta membaca Al-Quran, meskipun belum sama terjemahannya, maka semakin mudah juga qta mengeluarkan kata-kata kebaikan dari lisan kita. Selain mampu memperhalus lisan kita, Al-Quran juga bisa menenangkan jiwa kita ketika sedang galau, ga tenang, ataupun lagi dalam kondisi paling parah sekalipun. Apalagi klo disertai dengan peningkatan shalat qt yg asalnya Cuma ngelakuin shalat wajib aja, ke depannya udah mulai ningkatin shalat sunnah dan amalan lainnya. Soalnya semakin dekat kita dengan Sang Pemilik Jiwa, maka akan semakin bersinar juga hati yg kita miliki karena sumber pancarannya itu dari Sang Pemilik Cahaya. Tuh kan, banyak banget manfaat yg bisa qta dapetin utk bisa mempercantik diri dari ibadah2 tsb. Kuncinya ya balik lagi ke diri kita sendiri, segimana kita yakin dan mau untuk ngelakuin itu semua

Oia, ada satu lagi yg mau disharingin juga. Klo kita lagi mempercantik diri di depan kaca, jangan lupa baca doanya ya. soalnya artinya bagus banget,artinya itu :
اَللّٰهُمَّ  كَمَا حَسَّنْتَخَلْقِى فَحَسِّنْ خُلُقِى
   
 “Ya Allah, Engkau telah memperindah rupaku, maka baguskanlah akhlakku..”

Quotes :

“Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk-bentuk (lahiriah) dan hartamu  tetapi Dia melihat pada hati dan amalmu sekalian..” (HR Muslim)

“Kamu tidak bisa memperolah simpati semua orang dengan hartamu tetapi dengan wajah yang menarik (simpati) dan dengan akhlak yang baik.” (HR. Abu Yu'la dan Baihaqi)

“Kemuliaan orang adalah agamanya, harga dirinya (kehormatannya) adalah akalnya, sedangkan ketinggian kedudukannya adalah akhlaknya.” (HR. Ahmad dan Al Hakim)

“Ya Allah, tunjukkanlah aku akhlak termulia karena tiada Dzat yg dapat menunjukkan kebaikan selain Engkau dan palingkanlah aku dari keburukan akhlak" (Syafii Antonio)

"Penting sekalil memperbanyak pengetahuan umum dan keagamaan secara seimbang, tetapi lebih penting lagi mengukuhkan akhlak agar kita menyadari apakah langkah yg qta tempuh dalam setiap pengambilan keputusan itu benar atau salah" (Nashita Zayn)
 
“Don't be cry,,don't be shy..Kamu cantik apa adanya..Sadari syukri dirimu sempurna..Jangan dengarkan kata mereka..Dirimu indah pancarkan sinarmu...” (Beautiful - Cherry Belle)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar