Menu

Senin, 03 Februari 2014

My Supermom is My Idol

Hari ini hari yang istimewa. Tepat 45 tahun yang lalu, Allah telah menakdirkan kelahiran seorang perempuan mungil di salah satu sudut kota Bandung yang sangat sejuk. Seseorang tersebut di kemudian hari menjadi salah seorang yang penting dan berjasa besar dalam kehidupan saya. Karena dari rahimnya lah, saya dapat hidup di dunia dan merasakan berbagai kehangatan dan kasih sayang yang begitu besar dari tangannya kepada saya, adik-adik saya, dan juga tentunya ayah saya sendiri. Yup, hari ini adalah hari kelahiran ibu saya, seorang supermom tangguh yang telah membesarkan dan mendidik keluarganya sampai seperti sekarang ini. 

Saya memanggil beliau dengan sebutan mama. Dibandingkan dengan adik saya, saya memiliki banyak kesamaan dengan mama. Tanggal lahir yang berdekatan, wajah yang begitu mirip, bahkan beberapa kesamaan sifat lainnya membuat saya bisa bersahabat dengan ibu saya ini. Mungkin karena salah satu tuntutan pekerjaannya yang harus selalu up to date dengan informasi perkembangan dunia saat ini, maka secara tidak langsung, mama termasuk orangtua 'gaul' yang bisa menyetarakan dirinya dengan perkembangan usia anak-anaknya. Hal inilah yang membuat saya bisa bebas menceritakan hal-hal apapun berkaitan dengan dunia saya dan menjadikan saya pribadi yang cukup terbuka dengan mama. Hampir setiap tokoh-tokoh berkesan yang telah mewarnai kehidupan saya, saya ceritakan padanya. Mulai dari dunia sekolah, dunia kantor, bahkan tokoh-tokoh inspiratif seperti penulis buku dan dosen-dosen favorit pun, beliau mengetahuinya.

Meskipun begitu, perjuangan untuk menjadikan keluarga yang membesarkan saya selama lebih dari 20 tahun ini memang tidak mulus. Untuk menopang kehidupan keluarga, mama ikut serta membantu papa dalam menghidupi keluarganya. Sempet mengalami long distance dengan orang tua karena perbedaan kota tempat beraktivitas, secara ga langsung bikin saya dan adik-adik saya lebih mandiri dan dewasa dalam menyikapi hidup dibandingkan saudara-saudara saya di keluarga besar ini. Alhamdulillah, menjalani kehidupan sebagai wanita karir tidak menyampingkan perannya sebagai seorang ibu yang mengurusi setiap anggota keluarganya. Salut dan penghargaan setinggi-tingginya untuk mama yang begitu tangguh mengarungi kehidupan kerasnya kota Jakarta selama belasan tahun dan tetep begitu cekatan dan jadi yang paling super dalam mengurus setiap anggota keluarganya di rumah :)
 
Hal-hal seperti inilah yang secara tidak langsung membuat sosok mama menjadi salah satu teladan bagi saya dalam memasuki kehidupan di masa depan. Saya ingin bisa seperti mama yang begitu menjaga kebutuhan dan kesehatan keluarganya tapi juga tetap bisa beraktivitas dengan baik di luar rumah. Apalagi di tengah-tengah aktivitasnya yang padat, mama juga sempat mendidik anak-anaknya dengan cara yang super sehingga alhamdulillah telah membuat anak-anaknya menjadi seseorang yang insya Allah bermanfaat di lingkungannya masing-masing. Karena memang benar, bahwa di balik kesuksesan anak-anaknya, terselip ribuan doa dan dukungan tak hingga yang telah diberikan oleh orangtuanya terutama sosok ibu. Kalau kata temen saya mah, pengorbanan orang tua emang ga ada habisnya :')

Tapi yang namanya hidup memang terkadang ga seideal yang kita inginkan. Sempat 'berpisah' selama beberapa tahun karena perbedaan kota, terkadang membuat anak-anaknya ini jadi sosok yang cukup manja di rumah dan cukup merepotkan mama yang udah supersibuk.hehe. Mungkin karena ketika jauh dari orang tua bisa membuat kita mandiri dalam mengurusi kebutuhan masing-masing dan ga terlalu banyak campur tangan mama disana, jadinya ketika di rumah kita jadi semakin manja dan 'menikmati' diurus kembali oleh ibunya. Maaf ya ma >.<  Terlepas dari itu semua, di tengah-tengah sikap kita dan perbedaan sudut pandang yang membuat mama 'geleng-geleng' dengan kelakuan anak-anaknya, she's always be the number one for us and successfully becoming a supermom for us :')

Terima kasih ya ma untuk semua kasih sayang, kebaikan, dan keteladanan yang udah diberikan selama ini..Terima kasih untuk semua pengorbanan yang udah dilakuin baik yang terlihat maupun yang tersembunyi.. Terima kasih untuk semua bentuk perhatian yang mungkin terkadang tidak kita sadari..Maafin semua kesalahan, sikap-sikap yang kurang berkenan dan kenakalan yang udah kita lakuin selama ini ya, ma..Semoga setiap langkah mama selama ini selalu dalam keridhoan-Nya, diberi kemudahan dalam setiap urusannya, diberi rezeki berlimpah yang mampu menghidupi keluarga dan orang-orang sekitar, diberi kejernihan hati & pikiran utk selalu mendoakan yg terbaik bagi keluarganya, dan jadikan kami orang-orang yang selalu dapat mensyukuri nikmat-Mu sekecil apapun itu, dan pertemukanlah kami di surga-Mu kelak, ya Allah..Love u.. :)

Happy Birthday, Mom... :D
 

"There's no one in this world that can take your place
 Oh, I'm sorry for ever taking you for granted
 I will use every chance I get 
To make you smile, whenever I'm around you
 Now I will try to love you like you love me
 Only God knows how much you mean to me"
-Number One For Me (Maher Zain)

1 komentar: